Ahad 05 Apr 2020 16:55 WIB

PMI Gencarkan Edukasi Pencegahan Covid-19

PMI Gencarkan Promkes dan Edukasi Pencegahan Covid-19 di Daerah.

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah kecamatan kebayoran  lama dan kecamatan tanah abang, Jakarta, Sabtu (04/03).
Foto: Tim Media JK
Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah kecamatan kebayoran  lama dan kecamatan tanah abang, Jakarta, Sabtu (04/03).

REPUBLIKA.CO.ID,  SUKABUMI -- Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya memaksimalkan pelayanannya dalam rangka operasi penanganan untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau COVID-19 di berbagai wilayah. Di antaranya dengan menggencarkan langkah promosi kesehatan (Promkes) di semua tingkatan.

"PMI sudah memberikan pelayanan secara masif di semua tingkatan,'' ujar Kepala Pelaksana Operasi Covid-19 Markas Pusat PMI, Arifin M Hadi dalam keterangan persnya, Ahad (5/4).

Salah satunya dengan mendorong semua relawan diberbagai daerah untuk melakukan edukasi kepada masyarakat terkait upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di wilayah.

Terutama lanjut Arifin dengan mengajak masyarakat untuk bergerak bersama melakukan upaya promotif dan preventif agar tubuh tetap sehat di lingkungannya masing masing. Ke depan sosialisasi dan promosi kesehatan akan terus digencarkan secara masif oleh komponen PMI melalui berbagai media promosi dan ajakan agar masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan PHBS agar tetap sehat.

Selain itu kata Arifin, edukasi dan ajakan kampanye dirumah saja dan jaga jarak terus dilakukannya. Langkah lain yang sudah dilakukan di setiap daerah adalah para relawan PMI sudah bergerak secara mandiri melakukan inisiasi dengan berbagai cara dan strategi masing masing

Seperti contoh yang dilakukan oleh relawan siaga bencana berbasis masyarakat ( Sibat) di PMI Solo dengan kreatifitasnya membuat masker kain yang menjadikannya produksi rumahan untuk dibagikan kepada masyrakat sekitar. Contoh lainnya di setiap daerah sejumlah ambulan selain digunakan untuk pelayanan kesehatan, juga dilengkapi sound system speaker untuk promosi dan edukasi secara keliling oleh relawan PMI.

Di Kota Sukabumi kata Arifin, sejumlah relawan melakukan woro woro menggunakan mobil bak terbuka dilengkapi dengan alat pengeras suara melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu di beberapa PMI di daerah juga membuat tempat cuci tangan lengkap dengan perlengkapannya di tempat publik.

'' Sejumlah upaya ini sebagai bentuk komitmen dan kerja keras PMI dalam rangka membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid -19 secara maksimal di berbagai daerah," kata Arifin

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement