Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

UGM Buka Layanan Call Center Covid-19

Sabtu 04 Apr 2020 22:42 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto

Kampus UGM.

Kampus UGM.

Foto: Wahyu Suryana.
Banyak informasi masuk tidak jelas kebenarannya menyebar dan mengakibatkan kepanikan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka layanan call center Covid-19 bagi civitas akademika dan masyarakat umum. Layanan ini dibuat sebagai upaya meredam kepanikan masyarakat menyikapi penyebaran Covid-19, khususnya di DIY.

Koordinator Relawan Call Center Covid-19 UGM, Hayu Qaimamunazzala berharap, lewat layanan call center ini masyarakat bisa mengetahui perkembangan kasus dan informasi seputar Covid-19 yang benar. Serta, mengetahui kondisi diri.

"Banyak informasi masuk tidak jelas kebenarannya menyebar dan mengakibatkan kepanikan masyarakat, sehingga perlu saluran konsultasi daring untuk memberikan informasi yang tepat," kata Zala, Sabtu (4/4).

Dosen Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial FKKMK UGM ini menuturkan, layanan call center Covid-19 ini telah dibuka sejak dua pekan lalu. Dari civitas akademika, layanan dibuka untuk masyarakat umum.

Selama masa uji coba dua pekan terkhir telah ada sekitar 40 penelpon baik dari civitas UGM maupun masyarakat. Sebagian besar pertanyaan yang muncul seputar skrining diri, dan langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19.

"Pertanyaan yang masuk sebagian besar tentang gejala, pencegahan, apa yang harus dilakukan ketika habis bepergian tindak lanjutnya seperti apa, tidak sedikit ada yang cemas dan panik karena merasa ada gejala," ujar Zala.

Dia menyampaikan, saat ini, terdapat 600 mahasiswa dan alumni yang mendaftar sebagai relawan call center Covid-19 UGM. Kemudian, relawan-relawan ini dibekali dengan pelatihan sesuai bidang-bidang yang memang dikerjakan.

Tim call center itu berasal dari berbagai macam latar belakang. Tidak hanya dari kedokteran dan keperawatan saja, tapi kesehatan non medis seperti farmasi, gizi, dan kedokteran gigi, serta psikologi dan lain-lain.

Relawan tidak hanya menyampaikan informasi terkait Covid-19, tapi diarahkan melakukan skrining kesehatan dan arahan untuk masyarakat. Ada pula layanan konsultasi psikologi oleh relawan mahasiswa Fakultas Psikologi dan konselor.

Sementara, untuk koordinasi antar relawan dilakukan secara daring, dilakukan sesuai arahan untuk phsyical distancing. Sedangkan pertemuan secara langsung hanya dilakukan ketika penyerahan telfon genggam dan nomor kepada relawan.

"Bagi masyarakat yang memerlukan bantuan terkait Covid-19 dapat menghubungi call center UGM di nomor 08112851199," kata Zala. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA