Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Sumbar Anggarkan Rp 145 M untuk Masyarakat Terdampak Corona

Sabtu 04 Apr 2020 21:49 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit 

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit 

Foto: Republika/Mimi Kartika
Warga Sumbar yang akan menerima bantuan ini sebanyak 359.910 jiwa.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, Pemprov Sumbar menganggarkan dana sebanyak Rp 145 miliar buat membantu masyarakat yang secara ekonomi terdampak akibat penyebaran virus corona. Bantuan senilai Rp 145 miliar tersebut akan dibagikan dalam bentuk paket kebutuhan seperti beras, sarden, telur, mie instan dan lain-lain. Warga Sumbar yang akan menerima bantuan ini menurut Nasrul Abit sebanyak 359.910 jiwa.

"Dari provinsi kami menganggarkan segitu (Rp 145 miliar). Nanti pemeritah kabupaten dan kota masing-masing juga akan menyalurkan bantuan," kata Nasrul Abit melalui video conference yang difasilitasi Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Barat via aplikasi Zoom, Sabtu (4/4).

Nasrul Abit menjelaskan, masyarakat Sumbar yang akan mendapat bantuan ini merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kabupaten dan kota. Masyarakat ini di antaranya berprofesi sebagai tukang ojek, pedagang kaki lima, industri kecil menengah dan lain-lain. Pembagian bantuan ini nanti akan disalurkan oleh Pemkab dan Pemkot masing-masing.

Selain itu, Pemprov Sumbar juga menyiapkan 3. 700 ton beras buat mensubsidi beras di kabupaten dan kota. Menurut Nasrul, Pemprov Sumbar sudah menginstruksikan masing-masing Pemkab dan Pemkot untuk membagikan 100 ton beras bantuan kepada masyarakat.

"Kapan dimulainya seharusnya sudah dilakukan sekarang, bantuan diberikan hingga tiga bulan ke depan. Masing-masing kabupaten dan kota juga sudah harus menyiapkan bantuannya selain dari provinsi," ujar Nasrul Abit.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA