Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Pemkab Purbalingga Bagikan Sembako Tukang Becak dan Ojol

Sabtu 04 Apr 2020 21:01 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fernan Rahadi

Para pengemudi ojek online menerima bantuan paket sembako (ilustrasi).

Para pengemudi ojek online menerima bantuan paket sembako (ilustrasi).

Foto: Dok BMH
Sembako dibagikan secara bertahap untuk mengurangi kerumunan massa.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pemerintah Kabupaten Purbalingga mulai melaksanakan program jaringan pengaman sosial. Dalam program itu, Pemkab membagikan paket sembako bagi warga yang terdampak wabah Covid-19.

Seperti yang dilaksanakan Jumat (3/4), Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dan Komandan Kodim 0702 Yudi Novrizal, membagikan 1.900 paket sembako pada para abang becak dan tukang ojek di wilayah Kota Purbalingga. ''Paket sembako ini kita bagikan pada abang becak dan pengemudi Ojek Online, karena mereka sangat merasakan dampak pandemi Covid-19,'' kata Bupati.

Proses pembagian sembako ini, dilakukan secara bertahap untuk mengurangi kerumunan massa. Proses pembagian dilakukan menjadi 4 sesi, dalam tiga hari. ''Jangan sampai, pembagian sembako ini menjadi tempat kerumunan massa,'' katanya.

Pembagian sembako di halaman depan pendopo Setda Purbalingga, dilakukan sedemikian rupa dengan menerapkan pola sosial distancing. Sebelum memasuki halaman pendopo, semua pengemudi becak dan ojol disemprot desinfektan untuk meminimalisir penyebaran virus.

Muchson (60), salah satu  abang becak mengaku bersyukur mendapat paket sembako gratis. Dia mengaku, setelah penyakit COVID-19 mewabah, pendapatannya turun dratis. Bahkan sering kali tidak mendapat penumpang dalam sehari. ''Paket sembako berupa beras lima kilogram, bisa untuk masak paling tidak 3 hari,'' katanya.

Bupati menyebutkan, paket pembagian sembako ini merupakan hasil kerjasama Pemkab dengan Forum BUMD. Paket yang dibagikan terdiri dari beras sebanyak 5 kg, kerupuk, mie instan, kecap dan minyak goreng 1 liter. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA