Ahad 05 Apr 2020 00:51 WIB

Pasien Positif Covid-19 di RSUD Ternate Sembuh

Pasien positif Covid-19 harus melalui pemeriksaan swab sebanyak dua kali.

Peluang Sembuh dari Covid-19
Foto: Republika
Peluang Sembuh dari Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara menyatakan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Chasan Bosoirie Ternate melalui hasil pemeriksaan pertama dinyatakan sembuh atau negatif. Pasien kini menunggul hasil lab swab yang kedua.

"Sesuai hasil pemeriksaan pertama pasien terkonfirmasi positif Covid-19 telah diterima oleh tim gugus tugas dan hasilnya negatif, namun masih menunggu hasil pemeriksaan kedua yang saat ini telah dikirim ke Litbang Kemenkes," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr Rosita Alkatiri, Sabtu (4/4).

Sesuai SOP pasien positif terkonfirmasi Covid-19 harusnya melalui pemeriksaan swab sebanyak dua kali guna memastikan tubuhnya apa terbebas dari wabah Covid-19. Jika hasil tes untuk kedua kalinya jika hasilnya tetap negatif, pasien yang saat ini tengah menjalani isolasi di RSUD Chasan Boesoerie Ternate bisa dipulangkan.

Bahkan, hingga saat ini, kondisi anak dan istri pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang tengah menjalani isolasi dalam kondisi baik. Akan tetapi, hasil swab tes yang dikirim ke Litbangkes Kemenkes belum diterima tim Gugus Tugas.

Dia menambahkan, untuk saat ini, pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat turun menjadi enam orang. Karena dua diantaranya dari Kabupaten Halmahera Barat dan Halmahera Utara telah dikembalikan ke daerahnya masing-masing, karena sesuai hasil specimen yang dikirim keduanya dinyatakan negatif terjangkit virus Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement