Sabtu 04 Apr 2020 11:50 WIB

Indonesia Dinilai Miliki Respons Baik Atasi Dampak Corona

Langkah yang diambil Indonesia saat pandemi corona sangat berdampak dan cukup kuat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Kristalina Georgieva, Managing Director of the International Monetary Fund
Foto: AP Photo/Jens Meyer
Kristalina Georgieva, Managing Director of the International Monetary Fund

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva memuji langkah Indonesia dalam menghadapi dampak ekonomi yang terjadi saat ini. Khususnya saat pandemi virus corona atau Covid-19 terjadi, termasuk di Indonesia.

“Apa yang kami lihat Indonesia lakukan dengan sangat baik yakni memiliki respons yang terkoordinasi antara Kementerian Keuangan dan bank sentral,” kata Kristalina di kantor pusat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Jenewa, Swiss, Sabtu (4/4).

Baca Juga

Dengan begitu, Kristalina menilai langkah yang diambil Indonesia saat ini sangat berdampak dan cukup kuat. Terlebih, Kristalina mengatakan selama satu tahun terakhir, Indonesia sudah melakukan banyak hal untuk membangun fundamental makro ekonomi yang sangat kuat dalam keadaan krisis.

Selanjutnya, dalam kondisi saat ini, Kristalina mengatakan Indonesia sudah mengambil sejumlah langkah yang signifikan. “Mereka besar dan ditargetkan dengan baik untuk mendukung ekonomi, untuk melewati masa yang sangat sulit ini,” tutur Kristalina.

Meskipun begitu, Indonesia mengalami aliran modal yang signifikan dan hal tersebut membuatnya jauh lebih sulit. Terlebih dengan adanya pandemi virus korona, terjadi penurunan produksi yang berarti juga adanya penurunan pendapatan.

“Pada saat yang sama, kebutuhan untuk mendukung populasi dalam krisis ini sedang tumbuh,” ujar Kristalina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement