Jumat 03 Apr 2020 23:31 WIB

Para Pendonor Darah Mulai Datangi PMI Jakarta Selatan

Sejak mewabahnya Covid-19 jumlah pendonor darah menurun

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Sejak mewabahnya Covid-19 jumlah pendonor darah menurun. Ilustrasi.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Sejak mewabahnya Covid-19 jumlah pendonor darah menurun. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah warga mulai mendatangi Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan, untuk mendonorkan darahnya guna membantu mengatasi kekurangan stok di tengah pandemi Covid-19. Hal ini disa.mpaikan Humas PMI Jakarta Selatan Dedet Haryadi

"Hari ini ada lima orang yang datang mendonor," katanya saat dikonfirmasi pada Jumat (3/4).

Baca Juga

Sebelumnya jumlah pendonor mandiri yang datang ke PMI untuk mendonorkan darahnya berkurang sejak diberlakukannya jarak sosial (social distancing). Masyarakat yang rutin mendonorkan darahnya khawatir untuk keluar rumah di tengah pandemi yang kian meluas.

Menurut Dedet, sejak ramai pemberitaan terkait stok darah di PMI semakin menipis sementara kebutuhan akan darah terus meningkat, para pendonor terdorong untuk memberanikan diri datang ke PMI. "Sudah mulai agak normal, sejak ada berita itu. Masyarakat mulai tanya-tanya lewat Instagram lalu kami anjurkan untuk datang langsung ke PMI," kata Dedet.

Selain pendonor datang sendiri, PMI juga melakukan jemput bola dengan mendatangi tempat-tempat seperti perusahaan atau instansi. Untuk memberikan rasa aman bagi pendonor saat mendonorkan darahnya, PMI Jakarta Selatan menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk saat ini masyarakat untuk keluar rumah masih agak takut tapi mereka juga berani untuk datang karena kita ceritakan juga protokolnya di PMI," jelas Dedet.

Bagi pendonor yang datang ke PMI akan diarahkan untuk mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum masuk lalu diukur suhu tubuhnya. Pendonor yang suhu tubuhnya di atas normal tidak dianjurkan mendonorkan darahnya.

Dedet mengatakan walau sudah ada yang datang mendonorkan darah, tetapi stok masih kurang. Stok darah Packed Red Cell (PRC) per Jumat (3/4) di PMI Jakarta Selatan saat ini meliputi golongan darah A satu kantong, golongan darah B dua kantong, dan golongan darah O dua kantong. "Golongan darah AB masih kosong," kata dia.

Akibat minimnya stok darah, PMI memberlakukan aturan bagi keluarga pasien yang membutuhkan darah diminta untuk donor langsung ke PMI Kramat, Jakarta Pusat. Dedet mengatakan PMI akan mengumpulkan donor darah dengan cara jemput bola apabila ada permintaan dari masyarakat.

Pendonor hanya perlu menghubungi nomor telepon atau hotline PMI Jakarta Selatan di nomor 0831-5132-8327. Untuk melayani donor darah jemput bola, PMI memberlakukan sistem kuota grup dengan maksimal enam orang. "Karena kendaraan juga kita sesuaikan dengan social distancing," kata Dedet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement