Sabtu 04 Apr 2020 05:14 WIB

Aneka Variasi Kopi Dalgona yang Menantang untuk Dicoba

Kopi dalgona hadir dengan beragam variasi yang menantang untuk dicoba buat di rumah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Dalgona coffee popularitasnya meroket setelah muncul di salah satu tayangan TV Korea. Ada banyak variasi kopi dalgona yang bisa dicoba di rumah.
Foto: BBC
Dalgona coffee popularitasnya meroket setelah muncul di salah satu tayangan TV Korea. Ada banyak variasi kopi dalgona yang bisa dicoba di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan, semakin banyak orang mencoba membuat kopi dalgona di rumah. Tutorial cara pembuatannya pun bertebaran di Youtube, aplikasi berbagi resep, hingga media sosial.

Dalgona coffee menjadi minuman kekinian yang menantang untuk dibuat, meski resepnya mudah dibuat. Ada saja faktor yang membuat orang gagal menciptakan kekentalan yang pas untuk kopi dalgonanya.

Baca Juga

Padahal, cukup tambahkan kopi instan bubuk, gula, dan air dengan perbandingan yang sama untuk membuat dalgona menjadi krim kental. Aduk dengan mikser atau whisk hingga mendapat tekstur yang diinginkan.

Salah seorang barista dan coffee profesional, Ryan Wibawa, juga mengaku telah membuat kopi dalgona. Dia mengatakan, kopi yang populer berkat tayangan TV Korea ini bebas dikreasikan.

"Dalgona ini luas sih ya, bisa dieksplorasi lebih banyak,” kata dia saat dihubungi Republika.co.id belum lama ini.

Semakin banyak yang mencoba buat, maka semakin beragam juga variasi kopi dalgona. Mereka berkreasi dengan berbagai pelengkap.

Agar lebih crunchy dan enak, Ryan merekomendasikan untuk menambahkan remah biskuit, entah itu oreo atau regal. Nata de coco atau boba yang lebih menyegarkan juga bisa dicampurkan.

Alternatif lain untuk modifikasi kopi dalgona ialah mengganti susu cair yang tawar dengan susu berperisa, seperti rasa cokelat atau matcha. Ada pula yang menjajal versi susu vanila maupun teh susu.

"Kalau saya lihat, sekarang sudah banyak yang coba bikin dalgona yang tidak hanya menggunakan kopi untuk krim kentalnya, tapi ada juga yang menggantinya dengan matcha, cokelat, atau susu bubuk,” ujar Ryan.

Dalam proses pembuatannya, menurut Ryan, matcha, cokelat, susu bubuk, ataupun milk tea perlu ditambahkan bahan khusus. Dalgona matcha, contohnya, sebelum dikocok harus ditambahkan sedikit putih telur.

Untuk milk tea, sebelum dikocok harus ditambahkan baking soda. Tambahan bahan itu diperlukan untuk menciptakan cream kental yang sempurna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement