Sabtu 04 Apr 2020 02:00 WIB

Jennifer Lawrence Kampanyekan #VoteAtHome Jelang Pemilu AS

Lawrence kampanyekan #VoteAtHome untuk Pemilu di tengah pandemi Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Jennifer Lawrence kampanyekan #VoteAtHome untuk Pemilu di tengah pandemi Covid-19 (Foto: Jennifer Lawrence)
Foto: AP
Jennifer Lawrence kampanyekan #VoteAtHome untuk Pemilu di tengah pandemi Covid-19 (Foto: Jennifer Lawrence)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktris Jennifer Lawrence meminta para penggemar untuk dapat memberikan hak pilih mereka dari rumah masing-masing di tengah pandemi virus corona jenis baru (COVID-19). Pernyataan ini datang, menjelang pemilihan umum Amerika Serikat (AS) yang akan berlangsung semakin dekat.

Dalam sebuah video kampanye RepresentUs, Lawerence meminta agar orang-orang dapat memilih dari rumah demi keamanan. Saat ini semua orang di AS telah dianjurkan untuk berada di rumah masing-masing guna mengurangi penyebaran virus corona jenis baru.

Baca Juga

Selama lebih kurang satu menit, Lawrence dalam video itu juga mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang berada di garis depan melawan pandemi COVID-19. Di antara mereka adalah para tenaga medis, yang mempertaruhkan nyawa setiap harinya untuk menangani pasien infeksi penyakit ini.

“Pertama dan terpenting, saya ingin memberikan simpati yang tulus kepada semua orang yang terkena dampak pandemi COVID-19 dan rasa terima kasih saya yang terdalam kepada para responden darurat dan petugas kesehatan yang mempertaruhkan kesehatan mereka setiap hari. Hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk memperlambat penyebaran virus ini adalah tetap di rumah,” ujar Lawrence dilansir Fox News, Jumat (9/3).

 

Lawrence mengingatkan agar semua orang yang saat ini mengisolsi diri dan melakukan social distancing untuk mencegah penularan virus corona mulai berpikir tentang pemilihan umum yang dalam waktu dekat berlangsung di AS. Perempuan berusia 29 tahun itu mengatakan bahwa masih ada pemilihan yang dilakukan oleh warga Amerika yang belum memberikan suara di pemilihan pendahuluan.

“Itulah sebabnya Anda harus menuju represent.us/voteathome sehingga Anda dapat memilih, memberi surat suara dengan aman dari rumah,” jelas Lawrence.

photo
Jennifer Lawrence - (Danny Moloshok/Reuters)

Lawrence mengatakan, beberapa negara bagian di AS tidak akan mengizinkan untuk menyerahkan surat suara yang absen tanpa alasan. Karena itu, ini sangat penting dan meminta para penggemar membantu menyebarkan berita melalui media sosial dengan tagar #VoteAtHome.

Pemungutan suara melalui surat sudah menjadi opsi untuk tiga negara bagian yang dijadwalkan mengadakan pada 4 April, yaitu Alaska, Hawaii dan Wyoming. Sekarang ketiga negara bagian bergerak ke hampir 100 persen suara melalui surat dan memperpanjang tenggat waktu pengiriman, serta penerimaan surat suara.

Di antara negara-negara bagian yang menunda pemilihan pendahuluan mereka hingga Juni mendatang, yaitu Georgia dan Ohio. Kedua negara bagian ini diketahui telah membelanjakan jutaan dolar untuk proses pengiriman surat suara.

Kemudian tiga negara bagian AS, yaitu Colorado, Oregon dan Washington hanya memberikan suara melalui surat. Lebih dari puluhan negara bagian lainnya mengizinkan mail-in-voting sebagai opsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement