Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Manfaat Sehat Teh Kunyit

Jumat 03 Apr 2020 21:05 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Teh kunyit dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan (Foto: ilustrasi Teh Kunyit)

Teh kunyit dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan (Foto: ilustrasi Teh Kunyit)

Foto: Flickr
Teh kunyit dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pandemi COVID-19 membuat kita untuk terus menjaga kekebalan tubuh kita agar tubuh terhindar dari penyakit. Salah satu cara menjaga kekebalan tubuh kita adalah dengan meminum olahan tanaman obat seperti temulawak, kunyit, dan bahan-bahan lainnya.

Setidaknya, satu resep yang disarankan oleh The News Now adalah Teh Kunyit. Teh kunyit ini biasanya menjadi minuman pagi yang populer dan dikonsumsi oleh banyak orang untuk meningkatkan kekebalan mereka.

Tak hanya itu, Teh Kunyit juga dimanfaatkan membantu penurunan berat badan. Minuman ini dipercaya banyak memiliki manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Cara membuat Teh Kunyit sangat mudah. Dilansir di laman The News Now, Jumat (3/4), berikut cara membuat teh kunyit.

Rebus secangkir air dalam wajan. Jika Anda menggunakan akar kunyi, maka iris kunyit tersebut terlebih dahulu.

Setelahnya, tambahkan irisan kunyit ke dalam air yang direbus. Jika Anda menggunakan bubuk bubuk kunyit, tambahkan sekitar 1 sendok teh bubuk ke dalam air. Diamkan rebusan kunyit tersebut sampai mendidih.

Selanjutnya,  Anda dapat menambahkan bahan-bahan opsional berikut ke dalam wajan. Yaitu, madu, jus lemon, susu atau krim, lada hitam atau jahe. Sajikan selagi hangat.

Baca Juga

photo
(Foto: ilustrasi teh kunyit) - (PxHere)

Adapun manfaat kesehatan dari Teh Kunyit, minuman ini dapat membantu mengobati masalah paru-paru. Mengingat pandemi COVID-19 sangat membuat kita stres, mengonsumsi teh kunyit bisa bermanfaat besar.

Menurut ulasan yang dilakukan pada 2017, ditemukan bahwa teh kunyit dapat membantu dalam kondisi seperti asma, fibrosis, dan kondisi paru-paru lainnya, yaitu tempat di mana infeksi yang umum karena virus korona yang baru.

Minuman ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, antioksidan dalam teh kunyit, dan sifat-sifat kunyit dan bahan-bahan lain membantu meningkatkan imunitas. Curcumin, hadir dalam kunyit dikenal untuk membantu sebagai anti-bakteri, pengobatan anti-virus.

Sementara, minuman ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Jika kita mengkonsumsi te kunyit ini, maka hal ini dapat membantu dalam detoksifikasi tubuh, meningkatkan metabolisme dan pencernaan yang terjadi pada dini haru.

Teh kunyit juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi aktivitas beracun dalam tubuh serta mengurangi gangguan pencernaan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA