Jumat 03 Apr 2020 21:05 WIB

Cegah Corona, Alumni PTN Indonesia Bantu Petugas Medis

Diharapkan semakin banyak alumni PTN di Indonesia yang memberikan sumbangan

bantuan dari himpuni
Foto: istimewa
bantuan dari himpuni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) menggelar aksi sosial membantu pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia. Aksi tersebut ditandai dengan memberikan masker dan hand sanitizer ke sejumlah rumah sakit, puskesmas, terminal, halte busway, dan tempat umum lainnya di Jakarta, Jumat (3/4).

 

Koordinator Presidium Himpuni, Maryono, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). "Kami sengaja memilih RS kelas C dan D, dengan tujuan agar terjadi pemerataan dalam pembagian alat-alat penunjang medis," katanya di Jakarta.

Kegiatan yang dilakukan sejak pagi ini, kata Maryono, dikelompokkan ke dalam empat tim. Sejumlah rumah sakit yang menjadi target aksi sosial Himpuni ini antara lain RS Hermina Jatinegara, RS Dr. Abdul Rajak Salemba, RS Harum, RS Anggrek Mas Kebon Jeruk, Puskesmas Kecamatan Setibudi, Halte Busway Blok M dan Harmoni, Terminal Kampung Melayu, Senen, dan Pasar Minggu.

"Ini merupakan tahap awal. Melalui aksi ini, sekaligus kami ingin menggugah para alumni yang lain untuk bisa bergerak menyalurkan bantuan, baik melalui universitas masing-masing, maupun lewat Himpuni," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Jakarta.

Maryono menjelaskan aksi kepedulian sosial ini berasal dari segenap anggota yang mewakili 40 organisasi alumni universitas negeri di Indonesia. Ia mengatakan pandemi corona ini telah memberikan dampak besar terhadap kesehatan dan ekonomi masyarakat secara umum.

“Karenanya, kami ingin mencoba menyalurkan bantuan ke tempat-tempat yang membutuhkan,” katanya.

Ke depan, lanjutnya, rencananya disalurkan Alat Pelindung Diri (APD), utamanya kepada para petugas medis, baik di Jakarta maupun daerah-daerah. Dalam hal ini, Himpuni akan fokus memberikan bantuan pada RS kategori kecil agar terjadi pemerataan kebutuhan medis.

"Harus disadari, wabah corona ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga seluruh komponen masyarakat. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengurangi penyebaran Covid-19," katanya.

Maryoto berharap ke depan akan semakin banyak alumni PTN di Indonesia yang memberikan sumbangan ke berbagai pihak. Lantas kepada masyarakat ia berharap dapat mematuhi anjuran pemerintah.

"Jaga kesehatan, hindari kerumunan, makan makanan bergizi, sementara tidak mudik, serta bila keluar rumah mengenakan masker," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement