Jumat 03 Apr 2020 18:21 WIB

LeBron James yang Terus Konsisten di Usia Senja

Saat ini hanya ada sembilan pemain yang lebih senior dari James di NBA.

Rep: Frederikus bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Forward Tim Los Angeles Lakers LeBron James melakukan lay up shooting ke ring Philadelphia 76ers ) pada laga kedua tim di Philadelphia. Ahad (26/1) pagi.
Foto: Chris Szagola/AP
Forward Tim Los Angeles Lakers LeBron James melakukan lay up shooting ke ring Philadelphia 76ers ) pada laga kedua tim di Philadelphia. Ahad (26/1) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Bintang La Lakers LeBron James memperlihatkan konsistensi penampilan apik di level tertinggi. Padahal usia James sudah menyentuh angka 35.

Sosok Vince Carter menunjukkan hal serupa. Sudah berumur 43 tahun, Carter masih bermain untuk Atalanta Hawks di NBA. 

Namun jika dihitung sejak masuk NBA, James lebih unggul. Ini musim ke-17, pemain yang berposisi sebagai power forward itu tampil kompetisi basket level tertinggi di Amerika Serikat. Sementara Carter baru 14 musim.

"Tentu saja, LeBron selalu menjadi pemain yang lebih baik dari Carter, namun Vince salah satu dari sedikit pemain yang bisa dibandingkan secara atletis," demikian laporan yang dikutip dari Sky Sports, Jumat (3/4).

Lantas apa saja bentuk keunggulan James? Eks Cleveland Cavaliers itu masih sangat cepat, kuat, eksplosif dan terampil. James tetap menjadi tolak ukur para pemain NBA, kapten tim para bintang. 

"James mungkin bukan pemain terbaik di kompetisi ini lagi, tetapi tidak dapat disangkal, dia mendekati level itu (terbaik). Mengingat usianya, ini prestasi yang luar biasa," tambah laporan dari Sky Sports.

Tentu saja ada perbedaan gaya bermain. LeBron James saat ini berbeda dengan satu dekade lalu.

Ia tidak seagresif dulu. Namun itu diimbangi dengan kemampuan komunikasi yang baik. 

"Jika anda menonton LeBron James hari ini, tanpa berada dalam perbandingan historis, anda akan melihat seorang pria dengan kreativitas dan fisik yang mumpuni," kutipan lain dari Sky Sports.

Saat ini hanya ada sembilan pemain yang lebih senior dari James di NBA. Beberapa di antaranya nyaris tidak pernah bermain. Itu artinya ia tetap menunjukkan konsistensi seperti sudah di singgung di atas.

Musim ini, James menunjukkan kemampuan passing berkelas. Andai NBA tidak berlanjut ia memiliki koleksi rata-rata 25,7 poin, 7,9 rebound, dan 10,6 assist per game. 

Kepiawaian James didukung finisher ulung Anthony Davis. Berbagai fakta singkat tersebut, menunjukkan kualitas kelas wahid pebasket kelahiran Ohio itu. Meskipun setiap musim, ia kehilangan 15 persen kemampuannya, ia tetap berada di jajaran terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement