Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Galang Dana Pangan, Leonardo DiCaprio Raih 12 Juta Dolar AS

Jumat 03 Apr 2020 14:14 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Galang Dana Pangan, Leonardo DiCaprio Raih 12 Juta Dolar AS (Foto: aktor, Leonardo DiCaprio)

Galang Dana Pangan, Leonardo DiCaprio Raih 12 Juta Dolar AS (Foto: aktor, Leonardo DiCaprio)

Foto: EPA
Dana pangan tersebut akan dipakai untuk masyarakat terdampak Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Leonardo DiCaprio berencana membantu peluncuran Dana Pangan Amerika untuk masyarakat terdampak pandemik virus corona (Covid-19). Program dari Dana Pangan Amerika telah mengumpulkan bantuan sebesar 12 juta dolar AS.

Organisasi itu mengatakan dana itu ditujukan membantu keluarga berpenghasilan rendah, lansia, individu yang menghadapi gangguan pekerjaan, dan anak-anak yang bergantung pada program makan siang di sekolah. Program itu akan bekerja sama dengan organisasi bantuan kelaparan World Central Kitchen and Feeding America.

DiCaprio menjabat sebagai salah satu pendiri Dana Makanan Amerika bersama dermawan Laurene Powell Jobs. Apple dan Ford Foundation juga menyediakan bantuan dana untuk membantu inisiatif baru itu.

“Dalam menghadapi krisis ini, organisasi seperti World Central Kitchen and Feeding America mengilhami kita semua dengan komitmen mereka memberi makan orang-orang yang paling rentan yang membutuhkan,” kata DiCaprio dalam sebuah pernyataan, Kamis (2/4), melansir AP, Jumat (3/4).

Melalui pernyataan itu, dia menyampaikan terima kasih atas kerja keras orang-orang di garis depan menghadapi Covid-19. Menurut dia, orang-orang itu pantas mendapatkan bantuan itu. Pada Kamis, Oprah Winfrey mengumumkan sumbangan 1 juta dolar AS untuk dana, dan total 10 juta untuk memberi makan orang-orang kelaparan selama krisis.

Virus corona baru menyebabkan pandemi global yang membuat satu juta orang sakit dan menewaskan lebih dari 47 ribu jiwa di seluruh dunia. Virus itu juga melumpuhkan ekonomi dan memaksa pembatasan pergerakan jutaan orang dalam upaya untuk menghentikan penyebaran lebih lanjut.

“Sepiring makanan adalah hal penting dan harapan dari masyarakat, bahwa kami peduli dan kami di sini untuk memastikan bahwa besok, segalanya akan lebih baik,” kata pendiri World Central Kitchen, José Andrés.

Bagi kebanyakan orang, virus corona baru hanya menyebabkan gejala ringan atau sedang, seperti demam dan batuk. Bagi sebagian orang lain, terutama lansia dan orang dengan masalah kesehatan, virus dapat menyebabkan penyakitnya lebih parah, termasuk pneumonia.

Penyelenggara program mengatakan sumbangan ke Food Fund America sudah diserahkan. Bantuan akan digunakan untuk memberi makanan bagi mereka yang membutuhkan.

“Dengan jutaan orang kehilangan pekerjaan, program seperti makan siang di sekolah dalam bahaya, memastikan orang tidak kelaparan adalah hal yang paling mendesak,” ujar Powell Jobs.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA