Jumat 03 Apr 2020 10:03 WIB

IHSG Menguat Didorong Optimisme Investor Lokal

IHSG dibuka menguat ke posisi 4.592,63

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Petugas kebersihan melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ilustrasi
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Petugas kebersihan melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada perdagangan pagi ini, Jumat (3/4). Indeks saham menguat di kisaran satu persen ke level 4.592,63. Sementara LQ45 menguat tipis sebesar 0,16 persen.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi melihat penguatan kali ini mendapat dorongan dari optimisme investor lokal. Menurut Lanjar, investor merespons dengan baik stimulus yang dikeluarkan pemerintah dalam menghadapi Covid-19.

Baca Juga

"Pemerintah mengeluarkan rentetan stimulus dan kebijakan guna menghadapi dampak wabah Covid-19. Investor domestik terlihat masih cukup optimistis," kata Lanjar dalam risetnya, Jumat (3/4).

Meski demikian, pada perdagangan kemarin Kamis (2/4), investor asing terus melakukan aksi jual. Net sell investor asing tercatat sebesar Rp 384,29 miliar mengiringi pelemahan nilai tukar rupiah yang sempat lebih dari Rp 16.500 per dolar AS.

Lanjar melihat, pada hari ini IHSG masih berpotensi mengalami penurunan. "IHSG masih akan terkonsolidasi cenderung negatif diakhir pekan dengan support resistance 4.390-4.590," terang Lanjar.

Pergerakan saham masih mendapat pengaruh dari peningkatan kasus Covid-19 baik di dalam negeri maupun di internasional. Di Indonesia, jumlah kasus terus bertambah dan sudah mendekati angka 2000. Sedangkan di Prancis, Spanyol, New York dan New Jerset, angka kematian meningkat dua kali lipat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement