Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

In Picture: Ratusan ABK Kapal Induk Amerika Ini Positif Corona

Jumat 03 Apr 2020 08:25 WIB

Rep: Putra M Akbar/ Red: Yogi Ardhi

Foto: AP
Kapal induk Amerika membawa pesawat tempur dan dilengkapi sumber tenaga nuklir.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sekitar 100 awak kapal induk  Amerika Serikat USS Theodore Roosevelt terinfeksi virus Covid-19. Kapten kapal Induk AS tersebut, Kapten Brett Crozier, dalam sepucuk surat kepada Pentagon menyatakan perlunya bantuan mendesak untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di kapalnya. 

Kapal induk yang membawa sekitar 4.000 kru tersebut saat ini sedang merapat di pelabuhan Guam. "Kami tidak berperang. Para pelaut tidak perlu mati," tulis Kapten Crozier.  

Dilansir di BBC, Rabu (1/4), Kapten Crozier merekomendasikan untuk mengarantina hampir seluruh kru. Dalam surat itu, Kapten Crozier mengatakan bahwa dengan sejumlah besar pelaut yang tinggal di ruang terbatas pada kapal, mengisolasi individu yang sakit merupakan tindakan mustahil.

Suratnya tertanggal 30 Maret juga menyebutkan penyebaran virus corona sekarang sedang berlangsung dan cepat. "Tindakan tegas diperlukan. Mengeluarkan sebagian besar personel dari kapal induk nuklir AS yang dikerahkan dan mengisolasi mereka selama dua pekan mungkin tampak seperti tindakan luar biasa. Ini risiko yang perlu dilakukan," katanya.

Sumber : EPA-EFE, AP

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA