Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Ini Pembersih Rumah yang Bisa Basmi Covid-19

Jumat 03 Apr 2020 04:51 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Christiyaningsih

Ada lima macam pembersih yang bisa kita gunakan untuk basmi Covid-19. Ilustrasi.

Ada lima macam pembersih yang bisa kita gunakan untuk basmi Covid-19. Ilustrasi.

Foto: topnews.in
Ada lima macam pembersih yang bisa kita gunakan untuk basmi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski telah berjalan selama empat bulan, para ilmuan masih belum mengetahui lebih rinci terkait pandemi Covid-19. Namun, info terbaru yang dipelajari semakin banyak terkait Covid-19. Dari mulai virus yang bisa hidup di permukaan selama sembilan hari dan bertahan beberapa jam di udara, ataupun media penularannya.

Mencuci tangan memang bisa mengurangi penyebaran Covid-19 akan tetapi upaya membasmi virus juga dinilai perlu. Salah satu upaya membasmi virus itu telah dimuat dalam dua penelitian terbaru. Dikutip dari Science Alert, associate professor di jurusan teknik lingkungan University College London, Lena Ciric, memaparkan daftar pembersih rumah yang bisa membasmi Covid-19.

1. Sabun dan air
Dua media tersebut adalah pertahanan utama kita untuk menghilangkan virus dari permukaan. Sabun mampu mengganggu lemak dalam kulit virus dan mengangkat virus dari permukaan. Sifat dari sabun itu akan dimaksimalkan lebih baik ketika dibilas dengan air.

2. Pemutih
Pemutih memiliki bahan aktif berupa natrium hipoklorit yang sangat efektif untuk membunuh virus. Untuk menggunakannya, pastikan Anda membiarkan pemutih bekerja selama 10-15 menit dan membersihkan permukaan benda dengan kain bersih.

Sebagai informasi, pemutih bisa menghancurkan protein dan asam ribonukleat (RNA) dari virus. Namun demikian, pastikan Anda menggunakan pemutih sesuai petunjuk pada botol.

3. Surgical Spirit
Surgical spirit mengacu pada cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan luka atau peralatan operasi. Surgical Spirit sebagian besar terdiri dari etanol dan alkohol. Etanol telah terbukti membunuh virus corona hanya dalam 30 detik. Layaknya pemutih, alkohol juga dapat menghancurkan protein dan RNA dalam virus.

Cara menggunakannya bisa dengan membasahi kain dengan sedikit surgical spirit dan gosokkan ke permukaan. Bahan tersebut akan menguap dan Anda tak perlu menghapusnya.

4. Tisu Permukaan
Bahan aktif dalam tisu permukaan adalah antiseptik, biasanya benzalkonium klorida. Tisu itu dapat bekerja dengan menghilangkan kuman secara fisik melalui tekanan yang Anda gunakan saat menggunakannya.

Dalam prosesnya, tisu tersebut juga dapat meninggalkan lapisan antiseptik di permukaan yang berfungsi membunuh kuman. Antiseptik juga dapat bekerja dengan mengganggu lemak dalam sel patogen.
 
5. Hand sanitizer
Saat ini kebutuhan hand sanitizer di pasaran memang sangat meningkat. Hand sanitizer mampu membunuh Covid-19 karena mengandung etanol, alkohol, dan surgical spirit.

Tetapi perlu diperhatikan konsentrasi kandungan dalam hand sanitizer untuk membasmi virus secara efektif. Hanya alkohol dengan kandungan lebih dari 70 persen yang dapat bekerja efektif.

Selain menggunakan lima jenis pembersih itu, memanfaatkan sirkulasi udara yang teratur juga dapat mencegah dan membunuh virus corona. Terlebih jika ada banyak orang di sekitar lingkungan anda yang kerap kali dipenuhi orang batuk atau bersih. Membuka jendela dapat menghilangkan tetesan batuk atau bersin, dan mengurangi jumlah virus di udara sehingga dapat mengurangi risiko infeksi bagi orang lain.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA