Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

10 Film Ini Angkat Cerita tentang Pandemi

Kamis 02 Apr 2020 16:18 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu adegan film The Host.

Salah satu adegan film The Host.

Foto: Dok Chungeorahm Film/Sego Entertainment
Selain Contagion, cukup banyak film yang berkisah tentang penyebaran wabah.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Setiap hari, masyarakat dunia merasa waswas dengan informasi angka kematian akibat pandemi Covid-19. Virus itu memaksa sebagian besar warga melakukan isolasi mandiri, bekerja di rumah, dan lebih memperhatikan kesehatan diri dan keluarga.

Siapa sangka, sejumlah judul film layar lebar telah merekam situasi serupa. Sebagian ada yang terkesan nyata, ada juga yang sangat melebih-lebihkan dan justru menjadi kocak. Berikut 10 judul film yang membahas wabah, seperti dilansir di laman TechRadar.

1. Last Man on Earth (1964)
Film hitam putih ini mengadaptasi kisah dalam novel I Am Legend karya penulis Richard Matheson. Sinema menampilkan rutinitas monoton seorang dokter bernama Robert Morgan (Vincent Price), orang terakhir yang tersisa di bumi setelah adanya wabah mematikan.

2. The Crazies (1973)
Pesawat militer yang membawa senjata biologi jatuh di perbukitan, membuat sumber air penduduk terkontaminasi. Masyarakat yang meminumnya mati, atau menjadi pembunuh. Film rilisan awal yang beranggaran rendah dianggap gagal, lantas digarap ulang pada 2010.

3. Day of the Dead (1985)
Ini adalah film penuh zombie, yang berusaha menyerang manusia yang tersisa (skala perbandingan 40.000 berbanding satu). Sekelompok orang yang masih hidup, tinggal di fasilitas bawah tanah, termasuk Sarah Bowman (Lori Cardille), ilmuwan yang dijuluki "Frankenstein".

4. Outbreak (1995)
Film mengisahkan penyakit fiktif bernama motaba yang menjangkiti warga di Zaire, Afrika, setelah seekor monyet kapucin yang terinfeksi diselundupkan ke negara itu. Kota kecil Cedar Creeks segera berstatus darurat militer karena infeksi yang menyebar.

5. Twelve Monkeys (1995)
Film ini sama-sama tentang wabah dan monyet, tapi bedanya mengusung genre fantasi dan fiksi ilmiah. Narapidana dari tahun 2035, James Cole (Bruce Willis) menawarkan diri melakukan ekspedisi ke masa lalu untuk mengungkap wabah virus pada 1996.

6. The Host (2006)
Sebelum sutradara Korea Selatan Bong Joon-ho mengukir sejarah dengan film Parasite, dia telah menghadirkan film monster dengan sedikit sentilan sosio-politik. The Host menceritakan munculnya makhluk amfibi raksasa pembawa virus akibat kontaminasi sungai.

7. 28 Weeks Later (2007)
Sekuel dari film 28 Days Later rilisan 2002 ini penuh adegan brutal, hingga media New York Times menyebutnya sangat menakutkan. Film mengisahkan adanya wabah virus rage di tengah masyarakat, membuat mereka yang terinfeksi mati kelaparan.

8. Zombieland (2009)
Tidak semua film pandemi penuh malapetaka dan suram. Ada sinema komedi Zombieland yang penuh kejutan dan tawa. Film menceritakan masa dua bulan sesudah mewabahnya penyakit sapi gila yang berubah jadi penyakit zombie gila di seluruh Amerika Serikat.

9. Contagion (2011)
Film thriller medis ini memetakan transmisi virus yang amat cepat di seluruh dunia, sementara para ilmuwan bergegas menemukan vaksin seiring hancurnya tatanan sosial. Contagion dipuji karena perspektif yang kaya dan menggambarkan pandemi dengan realistis.

10. It Comes at Night (2017)
Setelah serangan penyakit menular, pasangan Will dan Kim, serta putra mereka, Andrew, berlindung ke hutan. Mereka berjumpa keluarga lain yang selamat. Film ini adalah visi yang suram setelah adanya pandemi besar dan sama sekali tidak ada akhir bahagia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA