Kamis 02 Apr 2020 14:59 WIB

Warga Terdampak Banjir di Kertajati Diberi Bantuan

Bukan hanya rumah, tapi sawah juga ikut terendam banjir.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Ilustrasi banjir merendam sawah.
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ilustrasi banjir merendam sawah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Manajemen PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) menyalurkan ratusan bantuan sembako bagi warga dua desa di kawasan Kertajati, Majalengka yang terendam banjir. Penyerahan bantuan berupa sembako tersebut diserahkan jajaran direksi PT BIJB yang dipimpin Direktur Utama Salahudin Rafi pada Camat Kertajati Asep Rukanda dan perwakilan warga di Kantor Kecamatan Kertajati, Majalengka, Kamis (2/4).

“Total ada 375 kepala keluarga yang kami berikan bantuan paket sembako, 145 untuk warga Desa Banjarjati dan 230 warga Desa Kertajati yang menjadi korban banjir sejak dua hari terakhir,” ujar Salahudin Rafi, Kamis (2/4).

Menurut Rafi, bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk perhatian BIJB Kertajati pada warga yang terdampak banjir yang skalanya cukup luas tersebut. “Bukan hanya rumah warga yang terendam banjir tapi sawah yang jadi mata pencaharian warga pun terkena. Sudah kewajiban kami membantu meringankan beban warga dengan bantuan CSR berupa paket sembako ini,” papar Rafi.

Pemberian paket sembako dipilih, kata dia, agar warga mendapat tetap mendapat pasokan kebutuhan pokok selama masa pencegahan pandemic covid-19. “Ini agar warga tetap sehat dan terhindar dari corona,” katanya.

Kepala Desa Bantarjati, Nono menjelaskan, banjir tersebut, diakibatkan hujan turun sejak kemarin Selasa sore sampai tengah malam dan menyebabkan genangan air dibeberapa blok bahkan beberapa rumah terendam.

"Banjir kali ini, tak hanya merendam puluhan rumah warga, bahkan puluhan hektar sawah siap panen juga rebah akibat banjir tersebut," kata Nono.

Sebelumnya puluhan rumah warga di Desa Bantarjati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, terendam banjir, Selasa (31/3). Banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur kawasan Kertajati dan sekitarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement