Kamis 02 Apr 2020 14:16 WIB

Venus dan Gugusan Bintang Pleiades Tampak di Langit

Kali ini Planet Venus terlihat sangat terang dalam magnitudo -4,5.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengamat antariksa akan bisa menyaksikan planet Venus bertemu dengan gugusan bintang terbuka Pleiades atau Seven Sisters  pada senja setiap malam.
Foto: Ian Aiken/Elderberry Observatory/Sunderland/U
Pengamat antariksa akan bisa menyaksikan planet Venus bertemu dengan gugusan bintang terbuka Pleiades atau Seven Sisters pada senja setiap malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin, tak sedikit masyarakat yang mulai jenuh dengan karantina mandiri dan informasi soal corona. Nah, awal bulan ini, tatanan tata surya sepertinya ingin menghibur lewat sebuah fenomena unik yang bisa jadi pemuas dahaga para pecinta skywatching.

Dilansir dari Astronomy Now pada Kamis (2/4), saat ini para pecinta skywatching tengah dimanjakan oleh pemandangan Planet Venus dan Pleiades. Karena, saat ini Venus tengah berada berdekatan dengan gugusan bintang Pleiades yang merupakan gugusan bintang terbuka dalam rasi bintang Taurus.

Baca Juga

Pertemuan Venus dan Pleiades ini terjadi pada 1 hingga 5 April. Momen yang paling pas untuk menikmati pertunjukan langka ini adalah pada pukul 9 malam waktu Inggris.

Bagi para pecinta skywatching, hal ini mungkin akan mengingatkan pada peristiwa yang terjadi tepat setahun lalu. Karena, pada 2019, gugusan bintang ini juga sempat berdeketan dengan Planet Mars. Meskipun, pada kejadian kali ini, terdapat perbedaan yang cukup kasat mata.

Karena, kali ini Planet Venus terlihat sangat terang dalam magnitudo -4,5. Berbeda dengan pemandangan tahun lalu dimana Mars terlihat kecil, jauh dan samar-samar.

Venus terlihat sangat terang karena sedang berada pada titik terdekat dengan Bumi. Orbit Venus yang terus mengarah pada Bumi pun membuat planet ini akan terus terlihat terang hingga beberapa pekan kedepan.

Soal pertemuan antara Venus dan Pleiades, hal ini paling optimal dinikmati oleh para pengamat di Eropa Barat dan Kepulauan Inggris. Keduanya mencapai titik temu yang paling dekat pada Kami waktu setempat.

Dalam pertemuan itu, bintang yang terlihat paling terang adalah Alcyone. Bahkan, Alcyone, terlihat jauh lebih terang dari Venus karena bintang itu hadir dalam magnitudo 7,44 atau 950 kali lebih kuat disbanding Venus.

Nah, bagi yang ingin menikmati pemandangan langka ditengah pandemi corona, mungkin aktivitas skywatching bisa jadi opsi pembunuh rasa bosan. Apalagi, gugusan bintang Pleiades ini juga disebut sebagai gugusan bintang paling indah di langit.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement