Kamis 02 Apr 2020 12:08 WIB

Ingin Tampil Baik Saat Video Call? Ikuti Kiat Ini

Pengguna disarankan melakukan panggilan di area yang memiliki pencahayaan terbaik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Panggilan video (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Panggilan video (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi Zoom, Skype, serta FaceTime menjadi alat yang sangat penting pada masa work from home (WFH). Sebagian perusahaan menggelar rapat jarak jauh menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, begitu pula berbagai koordinasi, wawancara, atau konferensi pers.

Panggilan video juga lazim dilakukan keluarga yang sedang berjauhan maupun sahabat yang belum bisa nongkrong bareng. Dalam ranah profesional ataupun personal, setiap orang tentunya ingin terlihat baik saat memakai aplikasi.

Dilansir di laman Boston Globe, baru-baru ini, penata cahaya Katherine Castro dan Joshua Dreyfus secara terpisah memberikan kiat agar seseorang bisa menampilkan sudut terbaiknya saat melakukan panggilan video. Berikut rangkuman tips dari dua orang yang sudah berpengalaman terlibat dalam banyak produksi film itu.

1. Posisikan perangkat

 

Baik panggilan video menggunakan laptop ataupun ponsel, memosisikan perangkat dengan tepat adalah hal utama. Baik Castro maupun Dreyfus menyarankan kamera terletak sedikit di atas garis mata, jangan menempatkan kamera sejajar hidung, apalagi leher.

2. Simak mata angin

Dreyfus menyebut panggilan Zoom terbaik adalah yang dilakukan dekat jendela yang menghadap ke utara. Tidak perlu kecewa apabila jendela menghadap ke arah lain, berkreasilah dan temukan area dengan cahaya terbaik di ruangan.

3. Perhatikan cahaya

Sebisa mungkin, hindari pencahayaan dari lampu yang tepat berada di kepala. Akan lebih baik gunakan cahaya alami dari jendela yang terbuka, asal tidak terlalu kuat. Jika bayangan di dinding terlihat tajam, mungkin perlu sedikit meredam cahaya.

4. Manfaatkan barang

Latar di belakang video tidak harus tembok kosong. Apabila cahaya alami terlalu kuat dan butuh diredam, ada banyak hal bisa dipakai di sekeliling. Misalnya, tirai kamar mandi, kertas //printer//, sarung bantal, bahkan seprai.

5. Kiat personal

Khusus video personal, Dreyfus merekomendasikan memosisikan sumber cahaya di belakang tubuh dan biarkan sedikit redup. Panggilan video sebaiknya dilakukan malam hari karena cahaya dari lampu di bagian belakang memberikan pantulan yang pas.

6. Ikuti kucing

Jika memelihara kucing di rumah atau kamar kos, perhatikan tempat di mana dia sering berbaring. Tempat favorit kucing dianggap Castro memiliki cahaya paling hangat. Lakukan panggilan video di sekitar area tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement