Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Jokowi Minta RT/RW Awasi Ketat Warga Mudik Berstatus ODP

Kamis 02 Apr 2020 11:28 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani

Pemudik

Pemudik

Foto: Antara/Septianda Perdana
Warga yang baru dari zona merah seperti Jakarta berstatus ODP sehingga harus isolasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengawasan kedatangan warga dari zona merah penyebaran Covid-19 diperketat, khususnya di level RT/RW. Alasannya, warga yang baru saja pulang dari zona merah, misalnya Jakarta, berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Artinya, siapapun warga yang baru pulang dari ibu kota harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari setibanya di kampung halaman.

"Saya ingin mendorong agar ada partispasi di tingkat komunitas baik itu RW ataupun RT, sehingga pemudik yang pulang dari Jabodetabek bisa diberlakukan sebagai orang dalam pemantauan. Sehingga harus  melaksanakan isolasi mandiri," ujar Jokowi.

Jokowi juga mendukung adanya pembatasan pergerakan orang, sesuai dengan penetapan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dengan menjalankan protokol jaga jarak dengan disiplin, ujarnya, risiko penularan Covid-19 bisa ditekan dengan signifikan.

"Dengan kedisiplinan yang kuat, saya kira akan memberikan pengaruh yang besar terhadap jumlah yang positif covid-19 ini. Kalau kita lihat dengan musim yang ada sekarang, saya kira cuaca juga sangat  memeprngaruhi berkembangnya covid-19 ini," jelasnya.

Pemerintah juga sedang dikejar waktu untuk segera mencairkan bantuan sosial bagi masyarakat miskin dan pekerja informal yang terdampak covid-19. Pemerintah pusat sendiri telah meluncurkan enam paket jaring pengaman sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Terhentinya aktivitas perkantoran dan seruan agar warga produktif di rumahnya membuat perekonomian, terutama oleh kelompok pekerja informal, ikut terdampak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA