Kamis 02 Apr 2020 08:11 WIB

UEFA Tunda Semua Laga Internasional pada Bulan Juni

Penundaan ini akan memberikan ruang bagi liga domestik untuk menyelesaikan kompetisi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Presiden UEFA Aleksander Ceferin. UEFA resmi menunda semua laga internasional di bulan Juni 2020 akibat pandemi virus corona.
Foto: EPA/MARTIAL TREZZINI
Presiden UEFA Aleksander Ceferin. UEFA resmi menunda semua laga internasional di bulan Juni 2020 akibat pandemi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) resmi menunda semua laga internasional pada bulan Juni 2020 akibat pandemi virus corona (Covid-19). Penundaan itu termasuk laga play-off Euro 2020.

Keputusan tersebut diambil setelah UEFA melakukan rapat virtual dengan 55 negara anggota federasi pada Rabu (1/4) kemarin. UEFA belum bisa memastikan sampai berapa lama penundaan tersebut. Pasalnya, belum diketahui kapan wabah ini berakhir.

"Semua pertandingan tim nasional untuk pria dan wanita yang akan dimainkan pada Juni 2020 ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. Ini termasuk pertandingan play-off untuk Piala Eropa 2020 dan pertandingan kualifikasi untuk Piala Eropa Wanita 2021," kata pernyataan di laman resmi UEFA, Kamis (2/4). "Semua pertandingan kompetisi UEFA lainnya, termasuk laga persahabatan internasional, tetap ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut."

Penundaan ini akan memberikan ruang bagi liga domestik untuk menyelesaikan kompetisi musim ini meskipun harus digelar tanpa penonton. Namun, selain pertandingan antarnegara, Liga Champions dan Liga Europa pun bernasib sama. Kedua kompetisi antarklub itu juga telah mengalami penundaan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin memperingatkan pada akhir pekan lalu bahwa musim ini bisa "hilang" jika pertandingan tidak kembali dilanjutkan setidaknya pada akhir Juni. Krisis virus corona telah menyebabkan setiap negara di Eropa kecuali Belarusia menghentikan liga sepak bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement