Kamis 02 Apr 2020 08:03 WIB

Itera Subsidi Kuota Internet Mahasiswa Kuliah Daring

Subsidi setiap mahasiswa sebesar Rp 75 ribu selama dua bulan sejak April-Mei

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Esthi Maharani
Rektor Institut Teknologi Sumatera Ofyar Z Tamin memberikan subsidi kuota internet mahasiswa selama kuliah daring, Rabu (1/4).
Foto: Dok. Humas Itera
Rektor Institut Teknologi Sumatera Ofyar Z Tamin memberikan subsidi kuota internet mahasiswa selama kuliah daring, Rabu (1/4).

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN --  Institut Teknologi Sumatera (Itera) memberikan subsidi biaya kuota internet bagi seluruh mahasiswa guna meringankan beban pengeluaran mahasiswa selama menjalankan perkuliahan online atau dalam jaringan (Daring). Subsidi setiap mahasiswa sebesar Rp 75 ribu per bulan selama dua bulan sejak April-Mei 2020.

Rektor Itera Prof Ofyar Z Tamin telah menetapkan subsidi tersebut melalui Surat Edaran Rektor Nomor  T/1303/IT9.A/HK.11/2020 tentang Pemberian Subsidi Kuota Internet Bagi Mahasiswa Itera, tertanggal 31 Maret 2020. Rektor Itera menyampaikan kebijakan memberikan subsidi kuota internet bagi mahasiswa tersebut bertujuan meringankan beban pengeluaran mahasiswa selama mengikuti perkuliahan daring.

Selain itu, Ofyar mengatakan, subsidi juga mendukung kelancaran perkuliahan daring yang telah diterapkan seluruh program studi di Itera sejak 18 Maret 2020 hingga 29 Mei mendatang, atau selama masa tanggap darurat Covid-19.

Tidak hanya perkuliahan, mahasiswa Itera juga telah menjalankan Ujian Tengah Semester (UTS) secara daring pada pekan lalu, dan Ujian Akhir Semester (UAS) juga direncanakan dilakanakan secara daring.

“Setelah mendengar masukan mahasiswa, kami paham mahasiswa Itera terdiri dari beragam golongan, dan ada sebagian yang merasa kesulitan untuk pengeluaran biaya kuota. Untuk itu Itera mencoba melihat ini, dengan rapat pimpinan secara daring hari ini diputuskan Itera memberikan subsidi kuota, selama dua bulan, dengan masing-masing mahasiswa Rp 75 ribu,” ujar Rektor Itera Ofyar Z Tamin dalam keterangan persnya, Rabu (1/4).

Dengan subsidi tersebut mahasiswa bisa membeli kuota internet kisaran 20-25 giga byte (Gb) per bulan.

“Ini akan berlaku mulai 1 April, dan kami sampaikan kepada mahasiswa agar bijak dalam menggunakan subsidi kuota ini, sehingga kuliah daring dapat benar-benar memberikan manfaat bagi kita semua, di tengah situasi pandemi Covid-19,” katanya.

Ia menjelaskan teknis pemberian subsidi sebesar Rp150 ribu per mahasiswa untuk subsidi kuota internet selama dua bulan akan diberikan melalui pemotongan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021.

Sementara khusus bagi mahasiswa penerima beasiswa, bantuan subsidi akan ditransfer ke rekening masing-masing. Hingga saat ini total jumlah mahasiswa aktif Itera berjumlah sekitar 9.000 mahasiswa yang tersebar di 33 program studi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement