Kamis 02 Apr 2020 07:16 WIB

Mendukung Tenaga Medis yang Berjuang Lawan Covid-19

Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mendukung mereka di garda depan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mendukung mereka di garda depan melawan Covid-19 (Foto: suasana petugas medis merawat pasien Covid-19)
Foto: EPA/MADRID REGIONAL PRESIDENCY
Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mendukung mereka di garda depan melawan Covid-19 (Foto: suasana petugas medis merawat pasien Covid-19)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pergulatan tenaga medis melawan corona serta merawat pasien Covid-19 menggugah hati banyak orang. Jika Anda ingin turut berkontribusi mendukung mereka, berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan, dikutip dari laman InStyle, Kamis (2/4).

 

Baca Juga

Tetap di rumah

Tetap tinggal di rumah dapat membantu menyelamatkan nyawa, juga membantu pekerjaan para tenaga medis. Karena itu, jangan sepelekan anjuran tenaga medis untuk membatasi kontak yang efektif memperlambat penyebaran virus corona.

 

Menyampaikan terima kasih

Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang bekerja sebagai tenaga medis, sampaikan terima kasih untuk hal yang sudah mereka lakukan di tengah pandemi ini. Ucapan terima kasih yang tulus dan sederhana akan membuat mereka merasa sangat dihargai.

 

Berdonasi

Semua orang memang disarankan berhemat saat ini. Namun, apabila Anda memiliki rezeki lebih, tidak ada salahnya berdonasi. Sumbangkan uang ke badan amal terpercaya atau organisasi yang mendukung petugas layanan kesehatan.

 

Sumbang pakaian

Sejumlah jenama telah menawarkan penjualan khusus di tengah mewabahnya virus. Misalnya, dengan membeli satu baju atau sepasang sepatu, artinya konsumen juga memberikan satu baju dan sepasang sepatu untuk tenaga medis.

 

Kirimkan makanan

Bantuan bermanfaat lain yang bisa dilakukan adalah mengirimkan makanan untuk tenaga medis di sejumlah rumah sakit. Sejumlah perusahaan juga telah melakukan ini, dengan menyediakan makanan atau minuman gratis untuk tenaga medis di gerai mereka.

 

Donor darah

Di tengah kondisi yang tidak menentu, Palang Merah sangat membutuhkan bantuan donor untuk mempertahankan pasokan darah beberapa pekan mendatang. Palang Merah mendorong orang-orang untuk tetap mendonorkan darah selama dapat melakukannya dengan aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement