Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Tips Jaga Produktivitas Selama Bekerja di Rumah

Kamis 02 Apr 2020 06:47 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah

Tips Jaga Produktivitas Selama Bekerja di Rumah

Tips Jaga Produktivitas Selama Bekerja di Rumah

Foto: Wallpapaer Flare
Pilih area kerja yang nyaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bekerja dari rumah, strategi untuk produktif jauh lebih penting karena tidak ada struktur aktivitas yang biasa dilakukan di kantor. Saat rumah menjelma jadi tempat kerja, seseorang perlu mempelajari rutinitas yang benar-benar baru.

Executive Productivity Advisor Google, Laura Mae Martin, menyarankan agar setiap orang menggunakan waktunya seefisien mungkin. Lewat pernyataan resminya, Laura membagikan sejumlah cara yang bisa diaplikasikan di rumah berikut ini.

Tentukan batasan

Baca Juga

Bekerja dari rumah bukan berarti bekerja seharian. Tentukan waktu kapan akan mulai dan selesai bekerja dalam satu hari. Cara mudah menetapkan batasan misalnya meletakkan komputer di ruangan tertentu dan hanya bekerja saat berada di ruangan itu.

Buat daftar tugas

Menuliskan daftar tugas harian sehari sebelumnya cukup efektif mendorong seseorang lebih produktif saat work from home (WFH). Catatan itu akan membuat seseorang tetap dalam jalur dan merampungkan apa yang sudah dituliskan.

Pilih area kerja

Seseorang mungkin lebih nyaman bekerja sambil duduk di sofa ruang tamu, meletakkan laptop di meja dapur, atau ada ruang kerja khusus. Tentukan area paling cocok dan tetapkan juga area yang tidak boleh digunakan untuk bekerja, misalnya di tempat tidur.

Lakukan rutinitas

Langsung bekerja begitu bangun dari tidur tidak akan membantu seseorang mendapatkan mood menjadi produktif. Lakukan rutinitas lain terlebih dahulu seperti beribadah, mandi, berganti pakaian, makan pagi, dan membuat tubuh rileks.

Cari energi terbaik

Ada orang yang sangat aktif di pagi hari, bersemangat di sore hari, atau sangat produktif di malam hari. Masa-masa bekerja dari rumah bisa menjadi periode bereksperimen untuk menemukan waktu biologis yang optimal dan energi terbaik saat bekerja.

Satu per satu

Selesaikan tugas satu per satu, tanpa tergesa-gesa. Jika menggunakan Google Chrome, misalnya, fokuslah pada satu tab dan selesaikan terlebih dahulu, baru beralih ke tab lain. Konsentrasi itu membantu seseorang lebih produktif.

Tetap profesional

Sejumlah perusahaan mungkin menggelar rapat melalui panggilan video, begitu juga obrolan satu tim kerja mengenai proyek tugas terkini. Tetaplah profesional dengan membedakan mana pertemuan yang sifatnya formal atau yang merupakan obrolan santai.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA