Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Pasien Covid-19 di AS Jamak yang Diabetes, Sakit Jantung

Kamis 02 Apr 2020 01:38 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Evakuasi pasien terpapar virus corona di Amerika Serikat. CDC memantau, banyak pasien Covid-19 di AS mengidap diabetes, sakit jantung, paru.

Evakuasi pasien terpapar virus corona di Amerika Serikat. CDC memantau, banyak pasien Covid-19 di AS mengidap diabetes, sakit jantung, paru.

Foto: VOA
CDC memantau, banyak pasien Covid-19 di AS mengidap diabetes, sakit jantung, paru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes, penyakit jantung, dan masalah paru jangka panjang adalah kondisi mendasar yang paling umum di antara warga Amerika Serikat yang dirawat di rumah sakit karena terinfeksi virus corona. Namun, satu dari lima orang yang membutuhkan perawatan intensif tidak memiliki masalah kesehatan seperti itu, menurut sebuah laporan yang dikeluarkan Selasa.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa persentase yang lebih tinggi dari pasien Covid-19 dengan kondisi kesehatan dengan penyakit penyerta dirawat di rumah sakit dan unit perawatan intensif (ICU), menurut laporan mingguan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). Pola-pola itu terlihat di negara-negara lain yang dilanda pandemi.

Data awal dari 7.162 pasien Covid-19, menurut CDC, menunjukkan 37,6 persen memiliki satu atau lebih kondisi kesehatan berupa penyakit penyerta. Pengujian yang tersebar luas untuk mengidentifikasi penyebaran virus corona dia AS sepenuhnya belum tersedia.

Sebagian besar orang yang terinfeksi virus corona mengalami gejala ringan serta ada demam atau batuk. Pasien yang harus dilarikan ke rumah sakit adalah mereka yang mengalami kesulitan bernapas.

Data baru menunjukkan, pasien Covid-19 dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya, seperti penyakit diabetes, jantung, atau paru dapat meningkatkan komplikasi sehingga memerlukan rawat inap. Para peneliti menemukan bahwa 78 persen pasien Covid-19 yang berada di ICU memiliki setidaknya satu masalah kesehatan yang dasar, termasuk diabetes (32 persen pasien), penyakit kardiovaskular (29 persen) dan penyakit paru kronis (21 persen).

Baca Juga

Dua belas persen memiliki penyakit ginjal kronis dan 9 persen memiliki sistem kekebalan yang lemah. Di antara pasien yang dirawat di rumah sakit yang tidak membutuhkan perawatan intensif, 71 persen dari pasien Covid-19 memiliki setidaknya satu kondisi kesehatan dengan penyakit penyerta, menurut analisis CDC.

Sebaliknya, di antara pasien Covid-19 yang tidak perlu dirawat di rumah sakit, hanya 27 persen dari mereka memiliki satu atau lebih masalah kesehatan jangka panjang. Sementara itu, ada 22 persen dari pasien Covid-19 yang dirawat di ICU dengan tidak memiliki riwayat masalah kesehatan yang mendasarinya.

"Belum diketahui apakah tingkat keparahan atau tingkat kondisi kesehatan yang mendasarinya dapat berisiko lebih tinggi untuk terdampak Covid-19," menurut laporan CDC.

Menurut CDC, banyaknya orang dengan kondisi kesehatan berpenyakit penyerta adalah hal yang umum di Amerika Serikat. Perkiraannya 10,1 persen orang dewasa AS didiagnosis dengan diabetes, 10,6 persen dengan penyakit jantung, dan 5,9 persen dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan 7,9 persen dengan penyakit asma.

sumber : Antara, Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA