Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Megawati Instruksikan Kepala Daerah PDIP Fokus ke Corona

Rabu 01 Apr 2020 22:55 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Arahan Mega dinilai sebagai penyemangat untuk kerja sama dengan pemerintah pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kepala daerah mengutamakan kesehatan rakyat di tengah wabah virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air.

Baca Juga

Instruksi tersebut, kata dia, disampaikan saat telekonferensi bersama seluruh kepala daerah se-Indonesia yang diusung PDI Perjuangan dengan bahasan fokus pada penanganan penyebaran Covid-19.

"Ibu Mega meminta kepala daerah fokus pada upaya mencegah penyebaran Covid-19, mengutamakan kesehatan dan keselamatan rakyat, melindungi warga miskin dan menjaga ekonomi rakyat," ujarnya lewat siaran pers di Surabaya, Rabu malam.

Telekonferensi tersebut dipandu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, serta diikuti sejumlah ketua DPP PDIP, di antaranya Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Menurut Anas, arahan ketua umum menjadi penyemangat para kepala daerah untuk terus bekerja bersama Pemerintah Pusat menghadapi pandemik Covid-19 saat ini.

Megawati, lanjut dia, juga mengingatkan agar daerah memastikan adanya refocusing dan realokasi APBD untuk penanganan Covid-19, baik dari sisi kesehatan sebagai prioritas utama, jaring pengaman masyarakat miskin dan upaya-upaya strategis memulihkan ekonomi lokal.

"Kami kembali diingatkan untuk benar-benar memperhatikan aspek medis, dari kesiapan ruang isolasi, sumber daya manusia tenaga kesehatan, alat pelindung diri untuk tenaga medis hingga alat penunjang lainnya," ucapnya.

Selain itu, bupati dua periode itu menyampaikan bahwa Megawati mengingatkan kepala daerah membuat skema penanganan dari berbagai aspek dan segera mengeksekusinya, termasuk pentingnya kolaborasi antardaerah.

"Ibu Megawati juga menyampaikan pentingnya physical distancing demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Harus disiplin mengikuti saran para ahli kesehatan dan Presiden Jokowi," katanya.

Megawati disebutnya memberi masukan berharga terkait program jaring pengaman untuk memastikan kebutuhan dasar warga miskin bisa terpenuhi dengan baik melalui kolaborasi program pemerintah pusat dan daerah.

"Jaring pengaman di daerah juga bisa diintensifkan melalui semangat gotong royong berbagai elemen," tutur Anas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA