Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

AJI Tanjungpinang Gagas Gerakan Jurnalis Lawan Covid-19

Rabu 01 Apr 2020 22:44 WIB

Red: Qommarria Rostanti

(Covid-19 (ilustrasi).

(Covid-19 (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Gerakan tersebut dilakukan untuk membantu program pencegahan penyebaran Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang, Kepri, melaksanakan gerakan Jurnalis Lawan Covid-19. Hal ini sebagai wujud partisipasi aktif para jurnalis mencegah penyebaran virus tersebut.

Ketua AJI Kota Tanjungpinang, Jailani, mengatakan gerakan tersebut dilakukan untuk membantu program pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah dimaklumatkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah KotaTanjungpinang. Terutama, terkait imbauan pemerintah agar warganya tidak beraktivitas di luar rumah bila tidak perlu untuk memutus mata rantai Covid-19.

"Namun ketika aktivitas ataupun pekerjaan banyak dilakukan di rumah tentu membutuhkan persediaan berupa kebutuhan pokok untuk bertahan demi kelangsungan hidup," ujar Jailani.

Di sisi lain, kata dia, AJI Tanjungpinang menyadari kemampuan pemerintah daerah untuk meng-cover kebutuhan ini sangat terbatas. Solusinya adalah melalui gerakan bersama, bagi yang punya kemampuan bisa membantu yang tidak mampu ataupun kurang mampu.

"Makanya slogan yang kita usung, Bersama Kita Bisa Melawan Covid-19," kata dia.

Sebagai organisasi, AJI memiliki tanggungjawab sosial meski di tengah keterbatasan. AJI mengajak pihak-pihak atau individu yang punya kemampuan yang lebih untuk tergerak hatinya bagi membantu kebutuhan warga tidak mampu di Kepri, khususnya Tanjungpinang. Sebab, Covid-19 ini juga menyebabkan timbulnya persoalan ekonomi baik itu bagi pedagang kecil, maupun masyarakat lemah dalam sisi ekonomi.

Untuk itu, mereka menghimpun donasi untuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sasaran. "Kami juga sedang menjajaki bahan pembuatan masker sebagai salah satu Alat Pelindung Diri (APD) bagi masyarakat dan penyediaan alat cuci tangan portabel," ujar Jailani.

Sampai saat ini sudah ada 19 paket yang disalurkan kepada masyarakat. Paket tersebut berupa beras premium lima kilogram, minyak goreng satu liter, gula, teh, telur, dan makanan siap saji.

Jailani berharap akan banyak lagi masyarakat yang berkemampuan menyalurkan donasinya melalui AJI Kota Tanjungpinang. Dengan partisipasi aktif semua elemen masyarakat, dia ingin wabah ini bisa diatasi dan cepat berlalu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA