Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Korsel Terima Permintaan 121 Negara untuk Alat Tes Corona

Rabu 01 Apr 2020 22:34 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Belajar Tangani Covid-19 dari Korea Selatan

Belajar Tangani Covid-19 dari Korea Selatan

Foto: Reuters
Korsel dinilai berhasil menekan penyebaran wabah Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan menerima permintaan dari 121 negara untuk membantu penyediaan alat tes virus Corona. Demikian disampaikan pejabat Kementerian Luar Negeri Korsel pada Rabu. 

Sebelumnya, pengujian secara masif Korea Selatan yang didukung dengan pelacakan kontak secara intensif, disebutkan mampu memperlambat penyebaran virus Corona di negara tersebut.

"Kami mendapat begitu banyak permintaan dari berbagai negara lantaran kami telah memiliki pengalaman sejak awal wabah. Jumlah negara, yang kini mencapai 121, meningkat setiap harinya," kata pejabat yang meminta identitasnya dirahasiakan.

Korea Selatan membentuk satuan tugas untuk menentukan bagaimana pihaknya dapat memberikan bantuan, baik dengan ekspor alat tes atau bantuan kemanusiaan lainnya, kata pejabat kementerian.

Pejabat tersebut tidak menyebutkan nama negara namun produsen alat tes Korea Selatan memilik kontrak untuk mengirimkan pasokan bagi negara-negara bagian di Amerika Serikat serta berbagai negara di dunia, termasuk Italia.

Presiden AS Donald Trump pekan lalu meminta mitranya, Korea Selatan, memasok perangkat medis dan berjanji akan membantu perusahaan Korsel mengantongi persetujuan dari badan pengatur di AS.

Perusahaan bioteknologi Korea Selatan yang menyuplai alat tersebut menggenjot kapasitas produksi untuk memenuhi lonjakan permintaan. Kuota di sejumlah perusahaan terkemuka berjumlah hampir tiga kali lipat sejak awal tahun.

 

sumber : Reuters/Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA