Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

China Persiapkan Peluncuran Satelit Palapa N1

Rabu 01 Apr 2020 21:46 WIB

Red: Nora Azizah

China sedang mempersiapkan peluncuran satelit komunikasi Indonesia, Palapa-N1, dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang (XSLC) Provinsi Sichuan (Foto: ilustrasi satelit)

China sedang mempersiapkan peluncuran satelit komunikasi Indonesia, Palapa-N1, dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang (XSLC) Provinsi Sichuan (Foto: ilustrasi satelit)

Foto: Flickr
Satelit Palapa N1 rencananya akan diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- China sedang mempersiapkan peluncuran satelit komunikasi Indonesia, Palapa-N1, dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang (XSLC) Provinsi Sichuan. Satelit tersebut dirancang atas dasar perjanjian kontrak kerja antara China Great Wall Industry Corp yang bernaung di bawah China Aerospace Science and Technology Corp dan Palapa Satelit Nusantara Sejahtera pada Mei 2017.

Baca Juga

Palapa-N1 dibangun sesuai platform satelit komunikasi Dongfanghong-4 yang dikembangkan oleh China Academy of Space Technology. Rencananya Palapa-N1 akan diluncurkan oleh roket Long March-3B yang dikembangkan oleh China Academy Launch Vehicle Technology, demikian laporan sejumlah media resmi setempat, Rabu (1/4).

Selama berdinas, satelit tersebut akan memberikan pelayanan data komunikasi masyarakat dan memenuhi kebutuhan industri penyiaran di Indonesia dan beberapa negara serta kawasan lain yang turut berpartisipasi dalam Prakarsa Sabuk Jalan (BRI). Tim perancang satelit sedang berupaya menjalankan misi tersebut di tengah merebaknya wabah COVID-19.

Proyek luar angkasa China dalam beberapa tahun terakhir berkembang pesat. Baru-baru ini pesawat ruang angkasa berawak China telah berhasil melakukan uji coba di Pusat Peluncuran Antariksa Wenchang, Provinsi Hainan.

Pesawat tersebut rencananya diluncurkan pada akhir April ini dengan menggunakan roket Long March-B. Tidak diketahui pasti jadwal peluncuran Palapa-N1. Namun berdasarkan perjanjian kontrak yang ditandatangani kedua belah pihak di Jakarta pada 17 Mei 2017 disebutkan bahwa satelit penerus Palapa-D itu akan meluncur ke orbitnya pada tahun ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA