Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Tekan Corona, Karyawan Pabrik Daihatsu Kerja Dua Hari Sekali

Rabu 01 Apr 2020 21:40 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Pabrik perakitan mobil PT Astra Daihatsu Motors.

Pabrik perakitan mobil PT Astra Daihatsu Motors.

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Walaupun pegawai hanya bekerja dua hari sekali, upah karyawan tetap dibayar penuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Daihatsu memutuskan untuk berproduksi dengan satu shift dengan waktu produksi lebih singkat dari biasanya. Dengan demikian, karyawan pabrik bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian.

Corporate Planning & Communications Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan, walaupun pegawai hanya bekerja dua hari sekali, upah karyawan tetap dibayar penuh.

“Tak hanya itu, dalam rangka meningkatkan imunitas karyawan, PT Astra Daihatsu Motor pun mengubah kebijakan fasilitas kesehatannya. Sekarang karyawan bisa melakukan pembelian vitamin secara bebas tanpa resep dokter,” kata Amelia dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Rabu (1/4).

Hal ini pun didukung fasilitas hotline 24 jam bagi karyawan yang ingin berkonsultasi atau bertanya yang akan dijawab langsung oleh dokter ahli. Menurutnya, Upaya ini untuk memberi rasa aman bagi karyawan.

Kemudian, jika ada karyawan yang demam, karyawan itu harus masuk ke klinik yang sudah disediakan, dan apabila diperlukan, karyawan akan diberikan tes Covid-19 untuk memastikan apakah benar yang bersangkutan positif terjangkit. Karyawan Daihatsu juga bisa mendapat akses menuju rumah sakit dengan ambulance.

“Karyawan merupakan aset Daihatsu yang harus dilindungi. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman yang optimal untuk karyawan di masa pandemic Covid-19. Semoga pandemic global Covid-19 termasuk Indonesia bisa segera berakhir,” ujarnya.

Selain itu, Daihatsu juga telah melaksanakan beberapa kegiatan pencegahan untuk melindungi dan mencegah penyebaran virus Covid-19. Daihatsu membuat tempat mencuci tangan di tempat-tempat yang mudah dijangkau yang membuat karyawan bisa lebih sering mencuci tangan. Sebelum memasuki area pabrik, seluruh karyawan juga dicek suhu tubuhnya.

Bahkan, lanjut dia, saat istirahat makan siang pegawai pun juga di atur menjadi beberapa shift. Sementara itu, pada bagian penjualan dan servis, Daihatsu juga melakukan penyesuaian aktivitas.

Artinya, pembelian Daihatsu juga dapat dilakukan via digital, yaitu melalui website dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile yang Astra memberikan layanan sepeeti beli mobil Daihatsu, request test drive, dan Booking Service.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA