Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Rabithah Dukung Pemerintah di Garda Terdepan Cegah Covid-19

Rabu 01 Apr 2020 20:45 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Habib Zen bin Smith.

Habib Zen bin Smith.

Foto: Yasin Habibie/Republika
Rabithah nilai wabah Covid-19 ancaman nyata bagi negara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Islam Rabithah Alawiyah siap mendukung usaha pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Lewat sejumlah sayap organisasi yang dimilikinya, mulai dari sayap sosial hingga asosiasi dokter, Rabithah siap berkontribusi langsung di garda terdepan. 

Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Zen Bin Smith menilai virus corona menjadi ancaman nyata bagi seluruh negara di dunia. Kejadian yang amat luar biasa ini, kata Habib Zen, perlu disikapi dengan usaha yang luar biasa pula.

DPP Rabithah Alawiyah memandang adalah penting bagi semua elemen bangsa untuk bahu membahu mengatasinya dan mengenyampingkan segala perbedaan yang ada, terutama perbedaan politik.

"Sebagai salah satu elemen bangsa yang merasa harus turut serta dalam upaya luar biasa ini, DPP Rabithah Alawiyah telah dan akan terus melakukan berbagai upaya bantuan, seperti penyaluran bantuan ke institusi garda depan seperti RSCM, RSUP Persahabatan, serta memfasilitasi para dokter untuk memberikan Konsultasi Online Tanggap Corona," kata Habib Zen lewat keterangan tertulisnya, Rabu (1/4).

Rabithah juga telah mengumpulkan sejumlah bantuan untuk disalurkan pada masyarakat yang terdampak akibat pandemi Corona. Ini terutama bagi kalangan masyarakat yang aktivitas ekonominya lumpuh sehingga mengalami kesulitan dalam pemebuhan kebutuhan. "Kami juga telah mengupayakan jejaring pengaman sosial (social safety net) kepada mereka yang terdampak langsung atas kondisi saat ini," kata Habib Zen. 

DPP Rabithah Alawiyah berkeyakinan bahwa penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dicanangkan Presiden RI tetap perlu diimplementasikan seluruh pihak secara sungguh-sungguh. Habib Zen mendukung langkah pemerintah agar tidak perlu ragu dalam mengambil tindakan luar biasa yang mengutamakan nyawa rakyat dan keselamatan bangsa di atas kepentingan lainnya. "Termasuk menjamin kelangsungan hidup mereka yang rentan terdampak," ujarnya. 

Rabithah yakin dengan sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat maka bangsa Indonesia akan mampu mengatasi pandemi Corona. "Apabila hal tersebut dilakukan, serta mengacu pada semangat gotong royong yang sudah mendarah daging di diri bangsa kita, tidak diragukan lagi bahwa segenap masyarakat berdiri di belakang pemerintah dalam berjuang melawan penyebaran penyakit Covid-19," ujar Habib Zen.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA