Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Bermula dari Boneka, Kini Muncul Animasi Hafiz dan Hafizah

Rabu 01 Apr 2020 18:59 WIB

Red: Hiru Muhammad

Hadirnya serial Hafiz Hafizah ini memberikan khazanah baru  tayangan edukatif bagi anak-anak muslim di Indonesia.

Hadirnya serial Hafiz Hafizah ini memberikan khazanah baru tayangan edukatif bagi anak-anak muslim di Indonesia.

Foto: istimewa
Keunggulan dari serial animasi ini adalah mengangkat ajaran Alquran dan sunnah

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Rumah animasi Al-Qolam berkerjasama dengan Institute Ilmu Al-Quran Jakarta (IIQ) telah merilis episode khusus animasi Islami Hafiz dan Hafizah. Sebuah film animasi pendek untuk anak-anak yang mengangkat nilai-nilai Islami.

Hadirnya serial Hafiz Hafizah ini memberikan khazanah baru  tayangan edukatif bagi anak-anak muslim di Indonesia. Salah satu yang menjadi keunggulan dari serial animasi Hafiz Hafizah ini adalah mengangkat nilai-nilai Al-Quran dan Sunnah di setiap episodenya. Selain menyemarakkan kembali tradisi memakmurkan masjid kepada anak-anak.

“Harapannya, serial Animasi 3D Hafiz dan Hafizah mampu bersanding dengan animasi lokal lainnya dan turut berkontribusi dalam memberikan tayangan Islami bagi anak-anak melalui media yang populer," Kata  Khamis, Direktur Al Qolam dalam keterangan tertulisnya Rabu (1/4). 

Menurutnya, Film dipercaya dapat menjadi media yang lebih efektif dalam menyampaikan pesan. Ini menjadi salah satu alasan, anak-anak sangat menyukai tayangan audio visual sebagai media belajar yang tidak membosankan.  Lewat berbagai tema yang diangkat, anak-anak bisa belajar mengamalkan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Pakar Ulumul Al Quran, Dr K.H Ahsin Sakho, menambahkan anak-anak merupakan investasi terbaik bagi kedua orangtuanya. Dengan adanya animasi Hafiz & Hafizah yang mengangkat tema islami seperti pentingnya menghargai waktu, keutamaan sholat, hingga tema menghormati kedua orangtua dan bersetia kawan dengan teman-temannya. "Ini adalah pelajaran yang sangat berharga dari animasi Hafiz Hafizah," katanya. 

Peluncuran serial animasi 3 dimensi (3D) Hafiz dan Hafizah ini mendapatkan sambutan baik dari Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI). “Saya mengapresiasi dan bangga sekali dengan adanya animasi Hafiz & Hafizah ini karena merupakan salah satu bentuk lisensi lokal Indonesia yang perlu untuk kita dukung bersama,” jelas Susanti Widjaya, Ketua ASENSI.

Sekjen AINAKI, Eka Chandra juga berharap Hafiz dan Hafizah bisa menjadi konten animasi yang berkualitas untuk anak-anak Indonesia. Tayangan ini diharapkan bisa mendunia sehingga mampu membawa harum nama Indonesia di kancah film animasi dunia.

Serial animasi Hafiz dan Hafizah ini berawal dari boneka Hafiz Talking Doll yang diproduksi Al-Qolam sejak 2014 hingga 2019. Boneka ini berfungsi sebagai media belajar dan menghafal Al-Quran untuk anak-anak. Karena animo dari masyarakat yang cukup besar dengan produk ini akhirnya pada 2020 Al-Qolam meluncurkan serial animasinya.

Serial film ini akan menceritakan tentang petualangan kehidupan sehari-hari saudara kembar Hafiz dan Hafizah yang memiliki karakter yang berbeda. Hafiz yang sedikit ceroboh sementara Hafizah yang agak cerewet. Mereka tinggal di lingkungan masjid bersama ayahnya seorang ustadz. 

Mereka berdua bercita-cita ingin menjadi penghafal Al-Quran. Kehidupan mereka menjadi lebih berwarna dengan adanya Kubil, Humaira dan Niko. Setiap hari selalu saja ada masalah baru yang mereka buat dan mereka harus menyelesaikannya dengan tepat waktu dan tentunya sesuai dengan tuntunan kitab suci Al-Quran dan Hadits.

Ina si binatang lucu turut andil menjadi bagian kecil dalam setiap adegan cerita di serial ini. Apabila Hafiz dan Hafizah dan teman-temannya sudah merasa kebingungan, maka mereka akan bertanya kepada Pak Ustadz untuk menemukan jawaban yang tepat. Lalu Ina juga akan membantu mereka untuk memberikan sesuatu yang mereka perlukan.

Serial animasi ini akan tayang perdana pada 2 April 2020 pukul 11.00 siang melalui akun channel youtube Hafiz dan Hafizah. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA