Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

6 Aplikasi dengan Layanan Mirip Zoom

Rabu 01 Apr 2020 01:15 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

6 Aplikasi dengan Layanan Mirip Zoom. (FOTO: Shutterstock)

6 Aplikasi dengan Layanan Mirip Zoom. (FOTO: Shutterstock)

Aplikasi dengan layanan konferensi video sedang banyak dipakai termasuk Zoom

Warta Ekonomi.co.id, Bogor

Penggunaan aplikasi dengan layanan konferensi video sedang banyak dipakai untuk kebutuhan bekerja, dari rumah. Apalagi, sekolah, universitas, dan institusi pendidikan juga meminta para muridnya melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Aplikasi Zoom jadi salah satu yang terciprat rezeki karena hal itu, mencatatkan unduhan tertinggi hingga melampaui 2 juta dalam sehari, menurut data Apptopia. Di samping Zoom, banyak pula aplikasi yang memiliki fungsi serupa. Apa saja?

Baca Juga: Populer dan Kontroversial Akibat Corona, Ternyata Ini Sosok di Balik Kesuksesan Aplikasi Zoom

Menghimpun informasi dari berbagai sumber, berikut ini aplikasi yang layanannya mirip dengan Zoom:

1. Slack

Slack menawarkan layanan panggilan berbentuk suara dan video, serta perpesanan seperti WhatsApp. Namun, Slack ditujukan untuk para perusahaan/bisnis, bukan individu.

Versi gratis Slack memungkinkan pengguna menggelar panggilan suara dan video individu dengan anggota tim. Namun, Slack juga menawarkan program khusus untuk kebutuhan institusi pendidikan dan kelompok belajar.

2. Google Hangouts Meet

Mirip dengan Slack, Google Hangouts menghubungkan pekerja dengan sistem perusahaan dan rekan kerjanya. Namun, Hangouts sejak awal dirancang untuk digunakan bersama produk Google lainnya.

3. Skype

Saat ini, Skype dimiliki oleh Microsoft. Layanan yang ditawarkan adalah panggilan suara dan video, serta perpesanan. Aplikasi tersebut bisa digunakan secara personal maupun profesional.

4. Apple FaceTime

Serupa dengan Skype, FaceTime dari Apple juga bisa dipakai untuk keperluan personal dan profesional. Namun, FaceTime hanya berlaku bagi para pengguna Apple. Satu grup FaceTime bisa melibatkan 32 orang dalam sekali panggilan video.

5. Google Duo

Berbanding terbalik dengan FaceTime, Google Duo ditujukan bagi pengguna Android dan iOS. Layanannya adalah panggilan video dan panggilan suara.

6. Houseparty

Houseparty merupakan aplikasi lain untuk mengadakan pesta lewat video bagi para pengguna Android dan iOS. Meskipun bukan hal baru, aplikasi ini telah mencatatkan jumlah unduhan yang banyak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA