Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Petugas Medis Dijauhi, Melly Goeslaw Repost Pesan dr Tirta

Jumat 03 Apr 2020 19:30 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Melly Goeslaw mengajak masyarakat tidak menjauhi petugas medis covid-19

Melly Goeslaw mengajak masyarakat tidak menjauhi petugas medis covid-19

Banyak petugas medis covid-19 dijauhi bahkan diusir oknum warga.

VIVA – Dr Tirta nampaknya terus bersuara terkait virus corona atau COVID-19 di Indonesia, beberapa waktu lalu ia membuat tagar karantina wilayah yang sempat menjadi trending di twitter, saat ini ia kembali menyuarakan untuk tidak menjauhi tenaga medis yang berjuang melawan virus.

Dr Tirta menginisiasi sebuah gerakan bernama kami bersama kalian, setelah mendapatkan cukup banyak cerita mengenai tenaga media penderita ODP atau PDP yang dikucilkan oleh warga sekitar rumahnya.

"LAWAN VIRUSNYA BUKAN ORANGNYA, SEBUAH GERAKAN #KAMIBERSAMAKALIAN !" tulis dr Tirta pada instagramnya, Rabu, 1 April 2020.

"Banyak cerita masuk ke email saya, tenaga medis dijauhi, mendapat stigman negatif karena melawan covid. Stress, pressure, sampe ada yg menangis di rumah tiap pulang. Ada penderita baru ODP, dan PDP, di kucilkan, kaya dianggep aib. Sampe akhirnya KETUA RT harus mengedukasi tiap rumah," sambungnya.

Dr Tirta kembali menjelaskan jika COVID-19 dapat menular melalui droplet dan hanya pada kondisi tertentu bisa menular melalui airbone, untuk itu tenaga medis menggunakan pakaian lengkap APD dan pelindung wajah.

"Kawan. COVID-19 itu menular lwt droplet. Dia bisa via airbone dalam kondisi TERTENTU, itu pun hanya kalo ada tindakan medis di mulut yg pake aerosol. So yg paling mungkin kena airbone ya tenaga medis. Makanya pake faceshield. Kalo warga, kehidupan kampung, yo ga ngaruh. Jangan jauhi donk," tulisnya.

Ia merasa kejadian ini terus berulang, banyak orang-orang yang sakit justru dijauhi dan dikucilkan dari lingkungan. dr Tirta kembali menegaskan jika yang perlu dijauhi adalah virus bukan tenaga medis yang menanganinya.

"Inget kawan. Jauhi virusnya. Sambutlah tenaga medis. Kasih mereka semangat. Bahkan sepucuk surat , bisa jadi penyemangat temen temen saya. Mereka juga punya keluarga. Saya tau ini kewajiban mereka. Tapi serius. Kalo sampe tenaga medis stress, tertekan . Maka siapa yg rugi? Kita semua, Pasien ODP dan PDP juga harus kita support. Karena kalo stress mereka ga sembuh-sembuh. Yok lah. Bareng-bareng kita jaga kebersamaan," pungkasnya.

Postingan instagram dr Tirta ini pun sempat di repost oleh Melly Goeslaw pada instagram pribadinya ia memberikan semangat atas gerakan yang dibuat oleh dr Tirta ini.

"Makasih kak. Karena tiap hari saya selalu baca email berisi curhat temen2 saya. #kamibersamakalian we can do this together," tulis akun @dr.tirta.

"SEMANGAAAAT," balas Melly.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA