Rabu 01 Apr 2020 16:57 WIB

PGN Siapkan Relaksasi Pemanfaatan Gas di Tengah Covid-19

Relaksasi pemanfaatan gas ini sebagai dukungan bagi industri di tengah ketidakpastian

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Petugas PGN memasok gas bumi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, pekan lalu.  PGN menyiapkan relaksasi pemanfaatan gas bagi industri di tengah wabah Covid-19.
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Petugas PGN memasok gas bumi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, pekan lalu. PGN menyiapkan relaksasi pemanfaatan gas bagi industri di tengah wabah Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyikapi kondisi dampak wabah virus corona (Covid-19) terhadap sektor pengguna gas terutama industri, saat ini PGN sedang menyusun program relaksasi penyerapan gas oleh pelanggan. Hal itu agar dapat mendukung optimalisasi pemanfaatan gas oleh sektor industri menghadapi kondisi ketidakpastian dan upaya pemulihan yang diharapkan oleh semua pihak.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, sebagai perusahaan milik negara, sesuai UU No 19 tahun 2003 tentang BUMN, PGN mengemban misi sebagai revenue generator sekaligus agent of development. "Oleh karena itu, sebagai pionir pembangunan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi, PGN terus melakukan inovasi dan terobosan agar gas bumi dapat digunakan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat," ujar Rachmat, Rabu (1/4).

Baca Juga

Terkait dengan implementasi Perpres Harga Gas Industri, PGN berkomitmen untuk melakukan efisiensi internal. Langkah ini, semoga dapat mendukung upaya pemerintah dalam mendorong perekonomian, khususnya penguatan dan kontribusi sektor industri tertentu.

Sampai dengan hari ini, PGN belum menerima regulasi pendukung untuk implementasi penurunan harga gas bumi. Sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap pemerintah, Pertamina, dan publik sebagai pemegang saham dan mempertimbangkan aspek tata kelola perusahaan, PGN masih menunggu penerbitan regulasi turunan dari Perpres 40/2016. Regulasi ini implementatif terhadap upaya perluasan infrastruktur serta pemanfaatan gas bumi nasional secara berkelanjutan.

Di tengah pandemi wabah Covid-19 dan instruksi kebijakan bekerja dari rumah (work from home) dari pemerintah, PGN melalui anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) tetap berkomitmen untuk menjaga kepuasan pelanggan, di antaranya adalah pelayanan terhadap pelanggan  jaringan gas (jargas).

Di tengah situasi terkini penyebaran Covid-19, PT Gagas tetap berkomitmen untuk tercapainya kepuasan pelanggan dan keamanan penyaluran untuk jargas rumah tangga. "Dalam melakukan pemeliharaan jargas, kami tetap melaksanakan dengan protokol keamanan pencegahan Covid-19," ujar Direktur Jargas PT Gagas Energi Indonesia, Timbul Duffy, pekan lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement