Rabu 01 Apr 2020 16:06 WIB

UPDATE: Positif Corona 1.677, Total Kematian Tambah 21 Kasus

Pemerintah mengumumkan tambahan 149 pasien positif Covid-19 pada Rabu (1/4).

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andri Saubani
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (ilustrasi)
Foto: ANTARA /Nova Wahyudi
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengumumkan ada penambahan sebanyak 149 orang pasien yang terinfeksi virus corona sejak Selasa (31/3) hingga Rabu (1/4). Artinya, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 1.677 orang.

Dari angka tersebut, ada penambahan 21 kasus kematian dalam 24 jam terakhir. Total, sudah ada 157 orang meninggal dunia akibat Covid-19 dengan tingkat kematian menyentuh 9,36 persen dari jumlah kasus seluruhnya.

Baca Juga

"Kasus sembuh bertambah 22 orang, sehingga total menjadi 103 orang," jelas Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Rabu (1/4).

Yuri menambahkan, pemerintah terus berupaya memperluas jangkauan rapid test atau tes cepat. Hingga saat ini sudah lebih dari 6.500 spesimen yang dikirim ke 34 laboratorium di seluruh Indonesia untuk dilakukan pemeriksaan PCR.

Pemerintah juga berniat menambah fasilitas pemeriksaan PCR untuk rumah sakit di daerah, termasuk juga puskesmas, untuk memperpendek jarak antar dari spesimen ke laboratorium. Harapannya, tes bisa segera dilakukan  dan pasien bisa mendapat hasil lebih cepat. Bila ditemukan kasus positif pun, ujarnya, segera dilakukan karantina, baik secara mandiri atau dirawat di rumah sakit.

"Karenanya tetap basis dari semua itu adalah memutus rantai penularan ini menjadi dasar terpenting dan inilah yang akan menentukan sukses tidaknya dalam kaitan penanggulangan Covid-19," katanya.

photo
Pemeriksaan cepat covid-19. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement