Rabu 01 Apr 2020 14:32 WIB

Rektor UMP Ingatkan Kuliah Tetap Jalan dengan Daring

Materi pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai sumber daring yang tersedia.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Foto: UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, Dr Anjar Nugroho, mengingatkan mahasiswa bahwa keputusan pimpinan universitas meniadakan kegiatan kuliah tatap muka, bukan berarti mahasiswa libur kuliah.

''Keputusan ini bukan berarti  mahasiswa libur. Mahasiswa tetap harus melaksanakan kegiatan kuliah, tapi dengan menggunakan sistem online,'' jelasnya.

Rektor menyampaikan hal itu, untuk menghindari adanya pemahaman yang salah mengenai kebijakan yang diambil mulai 16 Maret lalu, mengenai penghapusan sementara kegiatan kuliah tatap muka. ''Tujuan keputusan ini, adalah untuk menghindari adanya kerumunan dalam kelas. Karena itu, kami berlakukan kuliah dengan sistem daring,'' kata dia.

Materi pembelajaran, menurut rektor, dapat memanfaatkan berbagai sumber daring yang tersedia. ''Para mahasiswa dan teman-teman dosen atau tenaga kependidikan lainnya harus menjaga diri untuk tidak banyak bepergian atau berkumpul di tempat-tempat yang berisiko lebih tinggi,'' katanya.

Sementara Wakil Rektor UMP Bidang Akademik dan Kerja Sama, Dr Jebul Suroso, menuturkan menyusul kebijakan sistem kuliah daring, pihak UMP juga telah menyiapkan sistem ujian tengah semester (UTS) dengan menggunakan sistem online.

''Menyusul surat kami nomor A5.II/ 591 -S.Pb/UMP/III/2020 tentang UTS Online, kami sampaikan bahwa ujian sebagaimana dimaksud dapat diakses melalui link ujianonline.ump.ac.id,'' ujarnya.

Bagi para dosen, panduan penggunaan aplikasi ujian online UMP bisa dilakukan dengan cara login ke UJIAN ONLINE melalui link ujianonline.ump.ac.id menggunakan akun SIM-DOSEN dengan memasukkan NIP dan password.

Untuk mahasiswa, bisa menggunakan dengan cara login ke UJIAN ONLINE melalui link ujianonline.ump.ac.id menggunakan akun SIA/KRS ONLINE dengan memasukkan NIM dan password.

Sebelum melaksanakan ujian, kata Jebul, para mahasiswa bisa mendapatkan informasi tentang info ujian yang akan diujikan. ''Jika sudah paham, pilih 'mulai ujian' untuk ke halaman soal dan bisa mulai mengikuti sesi ujian,'' kata dia.

Menurutnya, dalam materi ujian daring tersebut, terdapat ujian dalam bentuk multiple choise dan juga soal dalam bentuk jawaban 'essay'. ''Untuk menjawat pertanyaan model essay, jabatan harus diupload dalam bentuk file pdf,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement