Rabu 01 Apr 2020 09:36 WIB

Pasca-social Distancing, Laka Lantas di Jabar Menurun

Social distancing buat mobilitas masyarakat berkurang dan kecelakaan menurun

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Christiyaningsih
Social distancing buat mobilitas masyarakat berkurang dan kecelakaan menurun. Ilustrasi.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Social distancing buat mobilitas masyarakat berkurang dan kecelakaan menurun. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Barat sepanjang Maret 2020 menurun pascadiberlakukan imbauan social distancing menyikapi wabah virus corona atau covid-19. Imbauan tersebut membuat mobilitas masyarakat menjadi lebih berkurang.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan jumlah kecelakaan pada Maret menurun dibandingkan Februari dan Januari lalu. Menurutnya, penurunannya mencapai kurang lebih dari 16 persen. "Penurunannya 16 persen apabila dibandingkan Februari dengan Maret," ujarnya, Rabu (1/4).

Baca Juga

Berdasarkan data yang dihimpun, kecelakaan lalu lintas pada Maret sebanyak 566 kejadian dengan korban jiwa meninggal 175 orang. Sedangkan pada Februari, kecelakaan mencapai 676 kejadian dengan korban meninggal dunia 236 jiwa.

Pada Januari, angka kecelakaan lalu lintas di Jabar 739 kasus dengan korban jiwa berjumlah 290 orang. Erlangga mengatakan salah satu faktor yang menekan angka kecelakaan lalu lintas karena adanya social distancing. "Social distancing memberikan pengaruh penurunan laka lantas," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement