Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Pangeran Charles Tanggung Semua Biaya Keamanan Harry-Meghan

Rabu 01 Apr 2020 09:05 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Biaya keamanan Harry dan Meghan selama tinggal di California ternyata ditanggung oleh Pangeran Charles (Foto: Pangeran Charles)

Biaya keamanan Harry dan Meghan selama tinggal di California ternyata ditanggung oleh Pangeran Charles (Foto: Pangeran Charles)

Foto: People
Biaya yang harus dikeluarkan Pangeran Charles diperkirakan senilai 2 juta Euro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harry dan Meghan Markle telah memutuskan untuk menjalani hidup mereka di California setelah mundur sebagai anggota senior keluarga kerajaan Inggris. Meski mengaku akan hidup mandiri, biaya keamanan Harry dan Meghan selama tinggal di California ternyata ditanggung oleh Pangeran Charles.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersikukuh bahwa Harry dan Meghan harus membayar sendiri biaya keamanan mereka bila ingin tinggal di California, kampung halaman Meghan. Biaya keamanan yang harus dibayarkan adalah 2,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 40,7 miliar per tahun.

Di sisi lain, Pangeran Charles diketahui akan memberikan "kontribusi pribadi" untuk Harry dan Meghan. Belum diketahui berapa besaran kontribusi tersebut, tapi jumlahnya disinyalir sekitar 2 juta euro. Uang inilah yang diperkirakan akan digunakan untuk membiayai keamanan Harry dan Meghan selama tinggal di California, AS.

Meski ikut membantu membiayahi hidup Harry dan Meghan, bukan berarti Pangeran Charles memiliki uang yang tak terbatas. Pangeran Charles diketahui memiliki pendapatan tahunan sebesar 26 dolar AS atau sekitar Rp 423,3 miliar.

Seperti dilansir Page Six, Rabu (1/4), Harry dan Meghan sempat menetap di Kanada bersama anak mereka Archie setelah meninggalkan Inggris. Di sana, Harry, Meghan dan Archie tinggal di rumah mewah senilai 14 juta dolar AS atau sekitar Rp 228,3 miliar.

Harry dan Meghan akhirnya memutuskan untuk pindah ke Los Angeles, California. Los Angeles merupakan tempat di mana ibu Meghan tinggal dan juga tempat di mana Meghan dibesarkan semasa kecil.

Harry, Meghan dan Archie pindah dari Canada ke California dengan menggunakan pesawat jet pribadi. Ketiganya diketahui pindah ke Canada sebelum ada penutupan perbatasan terkait krisis virus corona.

Sejak awal, kepindahan Harry dan Meghan ke AS sudah diprediksi akan menelan biaya yang besar. Alasannya, petugas keamanan Inggris tak diperkenankan untuk memegang senjata di AS. Oleh karena itu, Harry dan Meghan harus mempekerjakan petugas kemanan selama di AS.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA