Rabu 01 Apr 2020 08:30 WIB

Jiwasraya: Penjualan Saham Anak Usaha Tahap Finalisasi

Dalam tiga bulan ke depan proses penjualan anak usaha Jiwasraya bisa rampung

Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko.
Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajemen PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyampaikan bahwa proses penjualan saham anak usaha, yakni PT Jiwasraya Putra, masih dalam finalisasi administrasi. Karenanya, Jiwasraya belum bisa mengungkap ke publik nama pemenang.

"Jiwasraya Putra sudah ada pemenang tapi masih finalisasi CSPA (Conditional Sale and Purchasing Agreement)," ujar Direktur Utama Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko melalui video konferensi di Jakarta, Selasa (31/3).

Baca Juga

Menurutnya, nama pemenang belum dapat diungkapkan lebih jauh hingga penandatanganan sesuai aturan di pasar modal. "Kita sudah laporkan mengenai pemenang yang terpilih, tapi aksi korporasi tidak bisa di declare sampai ada tandatangan. Itu protokol pasar modal dan kita hormati. Pemenang sudah ada tinggal selesaikan administratif," ucapnya.

Ia mengharapkan dalam dua hingga tiga bulan ke depan semua proses administrasi telah rampung dilaksanakan. "Nanti pada waktunya akan diumumkan, semoga dalam dua, tiga bulan selesai," ujarnya.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan menyebutkan bahwa PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan diselamatkan oleh anak usaha yang baru dibentuk yakni Jiwasraya Putra yang sudah diberikan konsesi untuk menangani asuransi beberapa perusahaan BUMN.

"Jiwasraya Putra akan menarik investor karena ini bisnisnya sudah ada sehingga dari hasil itu nanti bisa untuk top up cashflow (menambah kas)," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso pada 10 Desember 2019 silam.

Menurut dia, cara tersebut merupakan satu dari dua skenario penyelamatan asuransi BUMN tersebut yang saat ini mengalami kesulitan kas dalam membayar klaim nasabahnya.

Wimboh berharap upaya tersebut bisa mengatasi kesulitan modal bagi Jiwasraya dalam jangka pendek.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement