Rabu 01 Apr 2020 07:24 WIB

Covid-19, Ustadz Zaitun Rasmin: Banyak Berserah Diri

Umat Muslim bisa memaksimalkan ibadah di rumah.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
Covid-19, Ustadz Zaitun Rasmin: Banyak Berserah Diri. Wakil Sekjen MUI Zaitun Rasmin.
Foto: Darmawan / Republika
Covid-19, Ustadz Zaitun Rasmin: Banyak Berserah Diri. Wakil Sekjen MUI Zaitun Rasmin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustadz Zaitun Rasmin menyatakan, wabah Covid-19 tidak terlepas dari takdir Allah SWT. Karenanya, dia mengimbau umat bisa memperkuat iman dan taqwa kepada sang Pencipta.

"Apakah virus ini hasil rekayasa atau bukan, umat Islam seharusnya tetap banyak bertawakal dan berserah diri pada-Nya," ujar dia kepada Republika.co.id, Rabu (1/3).

Baca Juga

Dia menambahkan, upaya lain juga perlu dilakukan umat Muslim selain memaksimalkan ibadah. Upaya menghindarkan diri dan menjaga keluarga dari penularan wabah tersebut menjadi yang utama.

"Bahkan kita juga harus ikut membantu bagaimana mengatasi penyebaran virus tersebut semaksimal mungkin berdasarkan kemampuan kita," ujar dia.

Menurutnya, langkah berupa ajakan, imbauan atau aktivitas yang bisa membantu pencegahan virus untuk menyebar diutamakan. Dia menegaskan, langkah tersebut juga harus dilakukan berkesinambungan oleh berbagai pihak.

Dia menuturkan, masyarakat pra sejahtera atau keluarga yang kehilangan mata pencaharian harus dibantu. Terlebih, kebutuhan pokok yang lebih mendesak.

"Dan perbanyak doa juga, terutama di waktu waktu mustajab, termasuk doa qunut pada setiap shalat lima waktu dan witir kita," ucap dia.

Terkait bulan suci Ramadhan yang tinggal menghitung hari, Ustadz Zaitun Rasmin meminta umat Muslim meningkatkan dan memperbanyak amal saleh. "Termasuk memaksimalkan shalat tahajud dan shalat-shalat sunnah lainnya. Juga baca Alquran, serta zikir," kata dia.

Dia pun menegaskan umat beribadah di rumah masing-masing. Umat Muslim bisa mengikuti kajian atau takmir secara daring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement