Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Cadangan Pangan Minahasa Tenggara Capai 1.975 Ton

Rabu 01 Apr 2020 04:42 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Ilustrasi stok beras Bulog.

Ilustrasi stok beras Bulog.

Foto: ANTARA FOTO
Pemkab akan menyusun kebijakan untuk membeli beras dari petani.

REPUBLIKA.CO.ID,MINAHASA TENGGARA -- Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap memastikan cadangan pangan di daerah tersebut mencapai lebih dari 1.975 ton beras, dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi virus Covid-19.

"Berdasarkan data saat ini, untuk cadangan pangan di Minahasa Tenggara sampai Mei mendatang lebih dari 1.975 ton beras," katanya saat video conference bersama dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey di Ratahan, Selasa (31/3).

Selain itu menurut James, melalui Dinas Sosial pihaknya juga menyiagakan beras lebih dari 100 ton dari Bulog, untuk kebutuhan pangan masyarakat. "Ada juga beras yang kami sudah siagakan bagi masyarakat. Semua mencukupi untuk kebutuhan pangan. Kami usulkan juga agar Bulog membeli beras petani, nanti pemkab siapkan anggaran untuk membelinya dari Bulog," jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara David Lalandos, menambahkan cadangan tersebut berdasarkan perhitungan Dinas Ketahanan Pangan, dan sangat mencukupi kebutuhan masyarakat. "Beras yang masuk cadangan pangan ini ada di petani, atau kelompok tani. Hasil datanya untuk kebutuhan masyarakat sampai Mei sangat mencukupi," katanya.

Lebih lanjut kata David, pihak Pemkab akan menyusun kebijakan untuk membeli beras dari petani, untuk memperkuat stok siaga pangan daerah. "Kami sedang menyiapkan kebijakannya. Nantinya untuk beras yang dihasilkan petani ini sebagian rencananya akan dibeli Pemkab lewat Bulog," katanya.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA