Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

In Picture: Kebijakan Lockdown Juga Berdampak Bagi Hewan Liar di Nepal

Selasa 31 Mar 2020 23:53 WIB

Red: Edwin Dwi Putranto

Foto: EPA-EFE/NARENDRA SHRESTHA
Binatang liar kekurangan makanan sebagai imbas dari kebijakan lockdown.

REPUBLIKA.CO.ID, NEPAL -- Dilatar belakangi keprihatinan atas dampak kebijakan lockdown di Nepal terhadap beberapa jenis hewan liar yang hidup di jalan-jalan Kathmandu, sejumlah relawan pecinta hewan mendistribukan makanan bagi hewan seperti monyet, merpati, anjing, dan sapi di Kuil Pashupatinath, Kathmandu, Nepal, Senin (30/3).

Menurut para relawan, binatang-binatang liar ini telah kekurangan makanan sebagai imbas dari kebijakan lockdown yang diberlakukan untuk mengendalikan wabah korona.

Data Federasi Kesejahteraan Hewan Nepal menyebutkan, ada sekitar 26.000 anjing yang hidup di jalanan Kathmandu. Sementara, ada ratusan monyet yang hidup di daerah Pashupati dan Swayambhu. "Karena kekurangan makanan, anjing-anjing itu mulai sering berkelahi, menyebabkan lebih banyak masalah bagi orang-orang," ujar aktivis peduli hewan Sangeeta Sapkota.

Sapkota memperingatkan bahwa anjing yang marah tersebut dapat menyerang orang kapan pun mereka menemukannya. Atas persoalan ini, pemerintah Kota Metropolitan Kathmandu mengatakan telah mengerahkan komite lingkungannya untuk memberi makan hewan-hewan di wilayah hukum mereka.

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA