Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Dongkrak Imunitas dengan Daun Kelor, Jejamuran, Bawang Putih

Selasa 31 Mar 2020 22:32 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Daun kelor termasuk salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mendongkrak imunitas.

Daun kelor termasuk salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mendongkrak imunitas.

Risiko terinfeksi virus corona tipe baru bisa ditekan dengan menjaga imunitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam melewati periode pandemi virus corona, semakin banyak orang menyadari pentingnya menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Tidak sedikit yang kemudian memilih asupan makanan alami.

Baca Juga

Ahli gizi dr Johanes Chandrawinata MND SpGK merekomendasikan beberapa bahan alami yang diyakini mampu menjaga daya tahan tubuh. Tidak perlu mencari asupan yang sulit didapat, berapa bahan yang disarankan juga bisa ditemukan di sekitar kita.

Salah satu asupan alami yang mudah didapat ialah daun kelor. Johanes menjelaskan, daun kelor mengandung beberapa zat gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti beta karoten (pro-vitamin A), vitamin C, dan sedikit zinc.

photo
Makanan sehat pendongkrak imunitas - (Republika.co.id)

Daun kelor ini bisa dikonsumsi dengan beragam cara. Johanes mengatakan, daun kelor bisa diseduh sebagai minuman teh ataupun dijadikan sebagai sayur pelengkap makanan.

Selain daun kelor, jamur kancing juga direkomendasikan oleh Johanes. Jamur kancing mengandung selenium dan vitamin B, seperti riboflavin dan niacin.

Lalu jamur tiram mengandung zinc, semangka mengandung glutathione yang baik untuk daya tahan terhadap stres oksidatif, kemudian bayam kaya akan vitamin C, dan ubi jalar kuning kaya akan beta-carotene provitamin A peningkat imunitas. Johanes pun mengingatkan pentingnya menghindari stres oksidatif karena dapat menurunkan kekebalan tubuh.

"Ada beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan tubuh, ada juga yang kaya anti oksidan untuk mengurangi stres oksidatif," jelasnya ketika dihubungi Republika.co.id, Selasa (31/3).

Di samping jejamuran, bayam, dan semangka, menurut Johanes, bawang putih dan brokoli juga baik untuk sistem iimunitas. Selain itu ada jahe dan buah delima.

"Keduanya kaya akan anti oksidan untuk mengurangi stres oksidatif," kata Johanes.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA