Rabu 01 Apr 2020 03:51 WIB

Ruang Publik Bekasi Disemprot Disinfektan Pakai Drone

Pemkot Bekasi menyiapkan stadion sebagai alternatif untuk penanganan covid-19.

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memanfaatkan drone untuk menyemprot sejumlah jalan protokol dan ruang publik dengan disinfektan.  Foto: Polda Jabar bersama TNI dan Pemda melakukan penyemprotan disinfektan berskala besar dengan melibatkan sebanyak 8.813 perseonel gabungan. ilustrasi
Foto: Humas Polda Jabar
Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memanfaatkan drone untuk menyemprot sejumlah jalan protokol dan ruang publik dengan disinfektan. Foto: Polda Jabar bersama TNI dan Pemda melakukan penyemprotan disinfektan berskala besar dengan melibatkan sebanyak 8.813 perseonel gabungan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI --  Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memanfaatkan drone untuk menyemprot sejumlah jalan protokol dan ruang publik dengan disinfektan. Hal ini sebagai upaya mencegah menyebarnya coronavirus disease2019 (covid-19).

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahjono mengatakan pemerintah kota menggandeng sejumlah komunitas drone dalam kegiatan ini seperti Federasi Drone Indonesia, Kalong dan Agrodrone. "Masing-masing komunitas drone itu menerjunkan dua armadanya. Ini kali pertama kita berkolaborasi dengan komunitas drone dalam upaya pencegahan COVID-19," katanya di Bekasi, Selasa.

Baca Juga

Dia menjelaskan penyemprotan dari udara dilakukan di sejumlah titik strategis di antaranya ruas Jalan Ahmad Yani, Jalan Sultan Agung, serta Jalan Juanda. Dalam penyemprotan itu, Stadion Patriot Candrabhaga juga tak luput dari sasaran sebab stadion itu direncanakan akan diubah menjadi tempat isolasi alternatif warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Tentu jadi perhatian kita juga karena saat nanti RSUD Kota Bekasi tak sanggup lagi menampung pasien COVID-19 stadion ini jadi salah satu alternatif tempat penanganan dan perawatan warga," katanya.

Di stadion itu bahkan kini telah disiapkan 55 tempat tidur pasien serta sejumlah sarana dan prasarana penunjang kesehatan lainnya. "Semoga apa yang kita siapkan ini sia-sia karena saya yakin masyarakat Kota Bekasi sehat semua, asal mau sama-sama saling menjaga, menjaga jarak dan menjaga kesehatan," ujar dia.

Selain menggunakan media drone penyemprotan disinfektan juga dilakukan dengan menggunakan armada water canon Polrestro Bekasi Kota dan armada Dinas Pemadam Kebakaran setempat.

"Semua petugas yang melakukan penyemprotan baik dari Polres, TNI, Damkar, hingga instansi Pemkot Bekasi dibekali alat pelindung diri sebelum bertugas," kata Tri.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement