Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Warga Positif Covid-19 di Jaksel Kabur, Kini Diamankan di RS

Selasa 31 Mar 2020 18:55 WIB

Red: Nur Aini

Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona .

Seorang perawat memeriksa kondisi pasien corona .

Foto: Xiao Yijiu/Xinhua via AP
Warga Jaksel yang positif Covid-19 menjalani isolasi di rumah sebelum kabur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas kesehatan berhasil 'mengamankan' seorang perempuan paruh baya yang berstatus positif Covid-19 ke rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan dan isolasi medis. Sebelumnya, perempuan itu sempat kabur dari rumahnya di Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel).

Baca Juga

"Sekitar jam tiga pasien sudah 'diamankan' oleh suami dan petugas," kata Camat Tebet, Dyan Airlangga, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (31/3).

Dyan menjelaskan, kronologi pasien Covid-19 tersebut kabur dari rumahnya diketahui ketika petugas kesehatan datang untuk melakukan pemeriksaan rutin di rumahnya. Perempuan berusia 54 tahun tersebut sudah satu minggu ini masuk pemantauan petugas medis karena berstatus positif Covid-19.

Status positif diperoleh dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap yang bersangkutan di rumah sakit, tempat perempuan itu menjalani pemeriksaan kesehatan karena penyakit diabetes. Status positif telah diketahui sekitar dua pekan sebelumnya kemudian dia menjalani masa isolasi mandiri di rumahnya.

"Jadi, petugas mau melakukan pengecekan seperti biasa karena dia kita pantau. Kita pantau kesehatannya, begitu kita datang ke sana, dia itu tidak ada di rumahnya," kata Dyan.

Ia menduga perempuan tersebut stres karena menjalani masa isolasi di rumah selama satu pekan sehingga keluar dari rumahnya. Ketika dicari-cari oleh petugas tidak ditemukan, hingga siang harinya, perempuan tersebut keluar dari persembunyiannya selama melarikan diri dari rumahnya.

"Rupanya dia ngumpet. Setelah kita cari-cari nggak ada, akhirnya tim kita balik, ternyata dia keluar dari tempat persembunyiannya. Langsung warga melapor ke kita, kita datang lagi ke lokasi," kata Dyan.

Dyan mengatakan, perempuan tersebut kini telah dibawa ke Rumah Sakit Duren Sawit untuk menjalani perawatan dan isolasi secara medis.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA