Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Salam Perpisahan Harry-Meghan Sebelum Lepas Status Kerajaan

Selasa 31 Mar 2020 17:41 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Harry dan Meghan resmi melepas status kerajaannya, Selasa (31/3).

Harry dan Meghan resmi melepas status kerajaannya, Selasa (31/3).

Foto: AP
Harry dan Meghan resmi melepas status kerajaannya, Selasa (31/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi tidak lagi berstatus sebagai anggota senior keluarga kerajaan Inggris per 31 Maret 2020. Keduanya mengumumkan pengunduran diri sejak Januari lalu.

Baca Juga

Menandai status baru itu, mereka pun berbagi unggahan terakhir melalui akun Instagram @SussexRoyal. Mereka menyampaikan terimakasih atas dukungan selama ini sekaligus mengingatkan kewaspadaan pandemi virus corona.

"Yang paling penting saat ini adalah kesehatan dan kesejahteraan semua orang di seluruh dunia dan menemukan solusi untuk banyak masalah yang muncul sebagai akibat pandemi ini," tulis salah satu kalimat pada unggahan akun tersebut.

Dikutip laman People, Selasa (31/3), mereka tidak akan lagi menggunakan akun @SussexRoyal atau memperbarui situs web mereka, SussexRoyal.com. Meski begitu, keduanya kemungkinan akan tetap punya sarana interaksi di dunia maya.

"Meskipun mereka tidak aktif, baik akun Instagram dan situs web, tapu akan tetap ada online untuk masa mendatang," kata juru bicara mereka.

Seperti yang telah disepakati dengan Keluarga Kerajaan, keduanya tentu tidak akan lagi menggunakan gelar Duke dan Duchess of Sussex. Pangeran Harry tetap berada di urutan keenam dalam garis suksesi tahta Inggris, dan putra berusia 10 bulan Archie tetap pada satu tempat di belakangnya.

The Sussex Royal Foundation, organisasi amal keduanya akan memisahkan diri dari Royal Foundation, yang sebelumnya mereka kelola bersama Pangeran William dan Kate Middletown. Namun keduanya berencana untuk terus mendukung patronase mereka.

Kemudian Travalyst, inisiatif pariwisata lingkungan Harry yang diluncurkan pada bulan September juga sedang dalam proses menjadi organisasi nirlaba independen yang berbasis di Inggris.

Ke depannya, Istana Buckingham tidak akan lagi mengomentari pertanyaan terkait Pangeran Harry dan Meghan. Selain itu, tidak ada perwakilan komunikasi kerajaan lainnya yang bertindak atas nama Duke dan Duchess of Sussex, termasuk juru bicara istana, perwakilan Rumah Tangga atau sumber kerajaan.

Komunikasi pasangan ini akan dikelola untuk sementara waktu oleh agensi A.S. Sunshine Sachs. Sementara itu, Meghan dan Harry serta buah hati mereka dikabarkan akan menetap di A.S., tepatnya di Los Angeles, kota kelahiran Meghan. Dikabarkan mereka telah tinggal di kompleks terpencil dan belum banyak keluar rumah di tengah pandemi corona saat ini. Sumber lain menyebutkan, mereka akan tinggal di California.

"Harry menatap ke depan pada masa depannya dengan keluarganya. Mereka akan menghabiskan waktu di California. Dia tidak melihat ke belakang," demikian menurut sebuah sumber. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA