Selasa 31 Mar 2020 17:39 WIB

Ribuan Santri Dipulangkan Cegah Penularan Corona

Ribuan santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dipulangkan demi cegah penularan corona.

Red: Yogi Ardhi

Sejumlah santri berjalan menuju bus untuk dipulangkan ke daerah asal di Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (31/3/2020). Ponpes terbesar se-Jawa Timur tersebut memulangkan sedikitnya 22 ribu santri untuk menangkal penyebaran COVID-19 (FOTO : ANTARA/Prasetia Fauzani)

Petugas mengecek suhu santri yang baru datang di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (31/3/2020). Pemerintah setempat melakukan cek suhu badan dan penyemprotan cairan disinfektan kepada rombongan 15 bus berisi sekitar 800 orang santri asal Kabupaten Pekalongan yang pulang dari Pondok Pesantren (Ponpes) Api Tegal Rejo Magelang dan Ponpes Lir Boyo Kediri untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona (COVID-19) (FOTO : ANTARA FOTO)

Santriwati melewati bilik penyemprotan disinfektan sebelum dipulangkan ke daerah asal di Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (31/3/2020). Ponpes terbesar se-Jawa Timur tersebut memulangkan sedikitnya 22 ribu santri untuk menangkal penyebaran COVID-19 (FOTO : ANTARA/Prasetia Fauzani)

Petugas memeriksa suhu tubuh dan identifikasi santri Pondok Pesantren Lirboyo di check point pemeriksaan pendatang masuk perbatasan Trenggalek di Terminal Durenan, Trenggalek, Jawa Timur, Senin (30/3/2020). Pemeriksaan pendatang dan penumpang angkutan umum/pribadi tersebut dilakukan di tiga akses utama menuju Kabupaten Trenggalek dengan tujuan mencegah paparan wabah COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) ke wilayah tersebut (FOTO : Destyan Sujarwoko/ANTARA FOTO)

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan kepada santri yang baru datang di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (31/3/2020). Pemerintah setempat melakukan cek suhu badan dan penyemprotan cairan disinfektan kepada rombongan 15 bus berisi sekitar 800 orang santri asal Kabupaten Pekalongan yang pulang dari Pondok Pesantren (Ponpes) Api Tegal Rejo Magelang dan Ponpes Lir Boyo Kediri untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona (COVID-19) (FOTO : ANTARA FOTO)

Santriwati menuju ke dalam bus saat pemulangan santri di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (28/3/2020). Berbagai pondok pesantren di Jombang memilih memulangkan santri-santrinya ke daerah asalnya, termasuk pesantren Bahrul Ulum Tambakberas sedikitnya 7 ribu santri dipulangkan secara bertahap untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (FOTO : ANTARA FOTO)

Santri menuju ke dalam bus saat pemulangan santri di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (28/3/2020). Berbagai pondok pesantren di Jombang memilih memulangkan santri-santrinya ke daerah asalnya, termasuk pesantren Bahrul Ulum Tambakberas sedikitnya 7 ribu santri dipulangkan secara bertahap untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (FOTO : ANTARA FOTO)

Santri disemprot cairan disinfektan sebelum masuk ke dalam bus di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (28/3/2020). Berbagai pondok pesantren di Jombang memilih memulangkan santri-santrinya ke daerah asalnya, termasuk pesantren Bahrul Ulum Tambakberas sedikitnya 7 ribu santri dipulangkan secara bertahap untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (FOTO : ANTARA FOTO)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI - Ribuan santri Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri dipulangkan lebih cepat dari jadwal liburan mereka. Langkah ini ditempuh sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Sehubungan dengan perkembangan terkini penyebaran virus corona, maka pemulangan santri Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kediri dimajukan Senin untuk kendaraan pribadi dan Selasa (31/3) untuk rombongan," kata Pengasuh Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kediri K.H. M. Anwar Manshur dalam pesannya di Kediri, Senin.

Proses pemulangan santri pada Senin dengan angkutan pribadi itu dimulai pukul 12.00 WIB di halaman pesantren. Sedangkan pada Selasa (31/3) mulai pukul 08.00 WIB merupakan rombongan bus.

Selain Pesantren Lirboyo beberapa pesantren dan lembaga pendidikan lain memulangkan santri dan siswanya dari asrama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement