Selasa 31 Mar 2020 17:00 WIB

Sergio Ramos Dalam Data dan Angka

Ramos genap berusia 34 tahun.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Sergio Ramos
Foto: Republika
Sergio Ramos

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pilar andalan Real Madrid dan Timnas Spanyol, Sergio Ramos genap berusia 34 tahun pada Senin (30/3) waktu setempat atau Selasa (31/3) WUB. Kapten Real Madrid itu mempunyai berbagai pencapaian selama menjalani kariernya sebagai pesepak bola profesional. 

UEFA melalui laman resminya secara khusus merangkum pencapaian Ramos sebagai penghormatan kepada pemain dengan posisi bek tersebut. Berikut adalah catatan prestasi gemilang Ramos:

 

- Nilai transfer Ramos dari Sevilla ke Real Madrid pada 2005 lalu menjadi yang terbesar untuk pemain muda. Saat itu Ramos berusia 19 tahun dan dibeli seharga 25 juta euro oleh Real Madrid. Nilai itu menjadi rekor bagi rekor bagi remaja asal Spanyol.

 

- Ramos telah mencetak gol dalam 16 kampanye Liga secara berturut-turut. Itu menjadi rekor untuk seorang pemain belakang. Dia mencetak 11 gol di semua kompetisi untuk Real Madrid pada 2018/2019 (termasuk delapan penalti), itu menjadi catatan terbaik pribadinya selama satu musim.

 

- Ramos menjadi bagian dari kelompok elite bek yang mencetak gol di dua final Piala Eropa  berbeda, Ramos adalah satu-satunya yang melakukan hal itu di era Liga Champions UEFA. Golnya di final 2014 dan 2016, melawan Atletico, berhasil menempatkannya bersama Tommy Gemmell (1967, 1970) dan Phil Neal (1977, 1984).

- Gol penyama kedudukan di Piala Super UEFA 2016 melawan tim masa kecilnya, Sevilla berarti dia telah mencetak gol di final Liga Champions UEFA, Piala Dunia Klub FIFA dan Piala Super UEFA. Tidak buruk untuk seorang bek tengah.

Catatan di atas adalah prestasi Ramos bersama Real Madrid. Di bawah ini adalah pencapaian Ramos saat bermain untuk Timnas Spanyol.

- Ramos menjadi pemain Timnas Spanyol termuda dalam 55 tahun ke belakang ketika Ia melakukan debutnya empat hari sebelum ulang tahun yang ke-19. Ia tampil dalam kualifikasi Piala Dunia 2006 melawan Serbia dan Montenegro.

- Ramos menjadi pemain reguler dan membawa Spanyol memenangkan Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Dia juga memberikan penghormatan pada mantan rekan setimnya di Sevilla, Antonio Puerta, yang meninggal mendadak pada 2007, ketika merayakan kedua kemenangan Piala Eropa. Saat itu, dia mengenakan baju No.15 milik Puerta untuk Spanyol (berbeda dengan No.4 seperti biasanya untuk Real Madrid).

- Ramos menjadi kapten Spanyol di pada Piala Eropa 2016 dan tetap menjadi kapten sejak saat itu.

- Mengalahkan rekor Iker Casillas dengan 167 caps untuk Spanyol pada hasil imbang 1-1 Oktober 2019 dengan Norwegia di kualifikasi Piala Eropa 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement